Aktual, Independen dan Terpercaya


Luhut: Perbanyak Jumlah Garam Disemai di Riau

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Luhut mengintruksikan kepada Plt Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman untuk menambah jumlah garam yang ditabur per hari supaya dapat memperbesar potensi hujan di Riau.

 

"Selama seminggu ini saya minta kepada Gubernur Riau untuk memperbanyak penyemaian garam saat melakukan upaya hujan buatan atau Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC). Lakukan ini sesering mungkin. Tiap ada awan langsung sebar garam. Mudah-mudahan selama 2 minggu ini Sumatera dapat hujan terus," kata Luhut kepada Plt Gubernur Riau dalam rapat koordinasi melalui video conference dengan Tim Satgas Pusat di Jakarta, Rabu (28/10/2015) pagi.

 

Pagi tadi Plt Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman bersama Tim Satgas Tanggap Darurat Bencana Asap Riau melakukan rapat koordinasi lewat video conference dengan Tim Satgas Pusat di Jakarta. Rapat koordinasi membahas situasi terkini kabut asap yang ada di Sumatera dan Kalimantan. (BACA JUGA: Mahasiswa UIN Terobos Pagar Kantor Gubernur Riau)

 

Arsyadjuliandi Rachman berdialog langsung dengan 3 menteri yang bertanggung jawab dala Tim Satgas Pusat yaitu Menko Polhukam Luhut Pandjaitan, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawangsah dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. (KLIK JUGA: Luhut: Identitas Perusahaan Pembakar Lahan akan Diungkap)

 

Pada kesepatan itu Luhut menyampaikan bahwa kemarin malam hampir seluruh wilayah Jambi terguyur hujan deras. Hujan tersebut berhasil memadamkan titik api yang ada di Jambi. Andi pun turut melaporkan perihal hujan deras yang juga mengguyur Riau sejak petang hingga malam hari kemarin.

 

Luhut bersyukur Riau dan Jambi sudah diguyur hujan deras. "Kemarin Jambi sudah hujan deras. Gubernur Riau juga mengatakan di Riau hujan deras. Kita berharap di Sumsel juga bisa turun hujan selama beberapa minggu ke depan, supaya titik api di Sumatera dapat nol dan menghilangkan asap," ucap Luhut.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline