Aktual, Independen dan Terpercaya


Ini Sebabnya Mengapa Sisir Harus Sering Dibersihkan

sisir.jpg
(INTERNET)

 

RIAU ONLINE, NEW YORK - Kebersihan sisir sering kali terabaikan jika dibandingkan alat-alat kecantikan yang lain. Meski setiap hari digunakan kebanyakan orang justru tidak rajin membersihkan sisir.

 

Francesca Fusco, dermatologis dari New York, menyarankan agar sisir yang dipakai sehari-hari perlu dijaga kebersihannya. Setidaknya sebuan sekali sisir harus dibersihkan.

 

"Semakin jarang anda memakai sampo semakin kering rambut Anda dan ketombe semakin mudah datang," jelas Fusco dilansir dari laman kecantikan Allure, Selasa (6/10/2015). (BACA JUGA: Ingin Kulit Cerah dan Rambut Indah? Ini Caranya)

 

Menurutnya waktu yang ideal untuk membersihkan sisir adalah sekali dalam sepekan. Sisa-sisa bahan kimia, sel kulit mati, dan minyak yang tertinggal di sisir dapat menjadi sarang bakteri menyebabkan rambut tidak sehat dan berbau.

 

Penata rambut dari Sally Hershberger, Matt Fugate sependapat dengan rekomendasi Fusco. Membersihkan sisir sekali sepekan dapat menyingkirkan kotoran yang menjadikan rambut tidak sehat. Cara yang mudah untuk membersihkan sisir adalah dengan menggunakan sikat gigi dan menggosokkannya di sela-sela sisir. Setelah itu sisir dibilas dengan air mengalir sambil digosok menggunakan jari. Cara ini berguna untuk mengangkat helaian rambut yang tersangkut di sisir. Kemudian keringkan sisir menggunakan pengering rambut.