Prajurit Polisi Ini Berbagi Tips Berhenti Merokok

Bahan-Berbahaya-di-Rokok.jpg
(INTERNET)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Merokok adalah racun tidak disadari oleh penggunanya. Rokok telah menyatu dalam kehidupan manusia. Baik orang awam, atau kaum intelek, miskin atau kaya, pedesaan atau kota , pria bahkan wanita, priyai atau kiayi.

 

Kehidupan seperti dikendalikan oleh rokok. Mereka sanggup untuk tidak makan berjam-jam, akan tetapi ‘pusing’ jika berjam-jam tidak merokok. Mengaku tidak ada uang untuk bayar sekolah, tetapi selalu ada uang untuk membeli rokok.

 

(Inilah cerita perokok aktif derita kanker laring Stadium IV, jelang maut menjemput. BACA Laki-laki Ini Meninggal Karena Rokok

 

Mengaku tidak bisa berfikir jika tidak merokok, padahal rokok sudah merusak fikiran mereka. Mengaku malas dan tidak semangat jika tidak merokok, sebenarnya rokok itu yang membuat mereka malas dan ketergantungan.

 

Bagi para remaja mengaku tidak gaul dan tidak laki kalau tidak merokok atau tidak akan punya teman kalau dia tidak merokok.
Tapi, apakah sadar kalau merokok memiliki dampak yang padahal kita semua tahu namun berpura-pura tidak tahu.

 

Apalagi rokok adalah haram, meskipun tidak ada dalil yang langsung menyatakan rokok haram. Mereka beralasan, saya tidak menemukan dalam Alquran dan Hadits mengharamkan rokok.

 

Memang tidak ada hadist yang menyatakan langsung mengenai haramnya rokok. Secara lafaz memang tidak ada tentang haramnya rokok, tetapi secara makna/pengertian/maksud, jelas sangat banyak dalilnya.
di antaranya :

 

(Aneh, pabrik dan pemilik rokok tak pernah ditangkap, padahal ia racun. BACA : Hanya Rokok Racun yang Bebas Diperjualbelikan)


 

"Dan Janganlah kalian menjerumuskan diri kalian dengan tangan kalian sendiri ke dalam jurang kerusakan.” (QS. Al Baqarah (2): 195). “Dan Janganlah kalian membunuh diri kalian sendiri ..” (QS. An Nisa (4): 29)

 

"Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah Saudara-saudara syaitan dan syaitan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya” (QS. Al Isra’ (17): 27)

 

Pada dalil ini jelas merokok adalah pemborosan, kenapa? karena merokok itu hal yang mubazir juga tidak baik untuk kesehatan. Meskipun demikian ada juga mereka ingin berhenti merokok namun masih susah atau bingung bagaimana memulainnya untuk berhenti merokok.

 


Kali ini Brigadir Polsek Tualang, Efrianto akan berbagi tips kepada RIAUONLINE.CO.ID dan pembaca bisa mencoba mempraktikkannya sehingga ia bisa lepas dari kecanduan dan racun bernama rokok itu. 

 

Ia mengatakan sebenarnya ini bukan tips, namun lebih ke alasan. Meskipun demikian mari kita simak poin-poin berikut :

 

 1. Niat, apapun ingin kita lakukan semuanya berawal dari niat. Semua akan berjalan jika niat kita kuat. Yakinkan dan niatkan di dalam hati kalau rokok itu sangat merusak, dan yakinkan kalau kita tidak akan merokok lagi apapun alasannya.

 

 2 . Coba lihat gambar-gambar yang ada pada produk rokok, itu sangat menyeramkan dan berbahaya. Melihat gambar itu saja dengan seksama sudah membuat kita takut untuk merokok, apalagi sudah banyak korban akibat rokok.

 

 3 . Ini bukan tips sih, ujarnya. namun lebih ke alasan. "Saya termotivasi oleh istri saya yang juga kebetulan bidan." Motivasi istrilah yang membuat saya berhenti merokok. Jadi kaum perempuan, peran istri juga bisa membantu suami berhenti merokok.

 

 4. Ingat anak-anak. Jangan sampai anak menjadi korban oleh asap rokok kita. Kasian anak. Jadi, setiap ingin merokok ingat anak dan orang-orang tercinta.

 

 5. Ini yang terpenting, ingat kesehatan diri sendiri. Kalau bukan kita yang menyayangi diri sendiri siapa lagi. Kita tahu rokok sangat tidak bagus untuk kesehatan jadi jangan tutup mata dan telinga lagi. Yakinkan rokok tidak baik untuk kesehatan.

 

 6.Minumlah air yang banyak karena air dapat membantu dalam menghilangkan racun dari merokok telah terakumulasi dalam tubuh Anda lebih cepat, sekaligus mengurangi keinginan anda untuk merokok.

 

 7. Berfikirlah positif, maksudnya jangan anda berpikir berhenti merokok sebagai sebuah pengorbanan. Pikirlah bahwa anda akan mendapatkan lebih banyak manfaat dengan tidak merokok.

 

Mungkin ini beberapa tips yang bisa dimanfaatkan oleh pembaca setia RIAUONLINE.CO.ID semoga bermanfaat dan jangan bosan melihat tips lainnya dari kami. 

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline