Untuk Pertama Kalinya Azan Dikumdangkan di Balai Kota New York

Azan-di-balai-kota-new-york.jpg
(Foto: Fatih Aktas/via REUTERS via kumparan)

RIAU ONLINE - Panggilan salat bagi umat Islam untuk pertama kalinya dikumandangkan di Balai Kota New York pada Selasa 29 Agustus 2023 waktu AS. Azan pertama itu dikumandangkan oleh seorang imam masjid di NYC, Abdallah Salem.

Azan dikumandangkan usai Wali Kota NYC, Eric Adams, mengumumkan bahwa semua masjid di NYC boleh mengeraskan suara azan untuk salah Jumat dan pada sore hari selama Ramadan tanpa perlu mengjaukan izin lagi.

"Sudah terlalu lama, ada perasaan bahwa komunitas kami tidak diizinkan untuk mengeraskan suara azan," kata Adams dalam jumpa pers bersama para pemimpin muslim setempat di kantornya, diberitakan Assiciated Press, dikutip dari kumparan, Jumat, 1 September 2023.

Jumpa pers di Balai Kota NYC itu disiarkan langsung di X (dulu Twitter), termasuk saat azan dilantunkan.

Pengumuman dari Adams disusul pidato dari sejumlah tokoh muslim yang menyambut gembira keputasan Adams. Acara itu kemudian diakhiri lantunan azan disertai artinya dalam bahasa Inggris.


Abdallah Salem, imam tetap di Pusat Komunitas Muslim di Brooklyn, NYC, didapuk untuk mengumandangkan azan pertama di Balai Kota New York itu.

Salem mengumandangkan azan dari podium tempat sebelumnya Adams berpidato. Para jurnalis yang meliput kegiatan tersebut juga menyimak kumandang azan yang berisi pujian pada kebesaran Allah, pernyataan syahadat, dan ajakan salat untuk meraih kemenangan/kesuksesan.

Setelah Salem berazan dan membacakan terjemahannya, suara tepuk tangan dan takbir terdengar: Allahu akbar!

“Wali Kota Eric Adams membuat sejarah dengan mengizinkan semua masjid di NYC menyiarkan azan Jumat di depan umum, dan Imam kita juga bergabung dengan sejarah dengan mengumandangkan azan pertama kali di Balai Kota NYC,” tulis Pusat Komunitas Muslim di Brooklyn dalam unggahan di medsosnya.

Abdallah Salem adalah sarjana studi Islam dari Universitas Al-Azhar, Mesir. Dia juga memegang jabatan presiden komite sosial Dewan Imam Tri-State dan anggota komite ulama kantor Wali Kota NYC.

”Saya bersyukur sekali akan bisa mendengarkan azan di kota ini,” kata Salem.

WNI yang menjadi imam masjid sekaligus Direktur Jamaica Muslim Center (JMC) di AS, Ali Shamsi, juga mengungkapkan kegembiraannya atas keputusan Wali Kota Adams.

"Hari ini diadakan konferensi pers tentang suara azan keluar dari masjid, dan itu tanpa harus meminta izin. Konferensi pers diakhiri dengan azan di kantor Wali Kota NY….Alhamdulillah,” ungkap Ali Shamsi di akun medsosnya disertai visual Abdallah Salem tengah mengumandangkan azan.