Imut Banget, Baru Ditemukan Burung Ini Langsung Masuk Daftar Dilindungi

Principe-Scops-Owl.jpg
([Zookeys.pensoft.net])

RIAU ONLINE, SAO TOME-Imut Banget, baru ditemukan burung ini langsung masuk daftar dilindungi. Spesies baru burung hantu telah ditemukan di hutan hujan sebuah pulau di lepas pantai barat Afrika.

Burung itu ditemukan di Pulau Principe, yang merupakan bagian dari negara Sao Tome dan Principe.

Dilansir laman Sky.com, Rabu (2/1/2022), secara resmi dinamai sebagai Principe Scops-Owl atau Otus bikegila.

Dari kesaksian warga sekitar, burung itu sudah tinggal di sana sejak 1928, para ilmuwan tidak dapat mengonfirmasi keberadaannya sampai 2016.

Principe Scops-Owl kini telah dicatatkan setelah melalui survei ekstensif oleh para peneliti dari National Museum of Natural Sciences Spanyol dan Natural History and Science Museum of the University of Porto.

Salah satu petunjuk utama yang mengarah pada penemuannya adalah panggilan uniknya.

Spesies baru burung hantu, Principe Scops-Owl. [Zookeys.pensoft.net]


Spesies baru burung hantu, Principe Scops-Owl. [Zookeys.pensoft.net]

"Panggilan unik Otus bikegila adalah nada pendek 'tuu' yang diulang-ulang dengan kecepatan sekitar satu nada per detik, mengingatkan pada panggilan serangga. Sering dilontarkan secara duet, hampir segera setelah malam tiba," jelas Martim Melo.

Setelah dilakukan penelusuran, burung hantu hanya ditemukan di hutan yang tidak berpenghuni manusia di bagian selatan.

Ini menempati area yang relatif kecil 15km persegi, sekitar empat kali ukuran Central Park New York.

Para peneliti mengatakan antara 1.000 dan 1.500 burung hantu menempati ruang tersebut.

Burung hantu adalah spesies burung endemik kedelapan yang diketahui di Principe.

Sementara jumlah burung hantu cukup tinggi dibandingkan dengan ukuran rumah mereka, para peneliti mengatakan, mereka harus diklasifikasikan sebagai terancam punah.

Status mereka akan diputuskan Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam, yang mungkin menempatkan burung hantu pada daftar merah tingkat ancaman tertinggi.

"Penemuan spesies baru yang segera dievaluasi sebagai sangat terancam menggambarkan dengan baik kesulitan keanekaragaman hayati saat ini", kata para peneliti dikutip dari suara.com

"Secara positif, area kemunculan Principe Scops-Owl sepenuhnya termasuk dalam Taman Alam Principe Obo, yang diharapkan akan membantu mengamankan perlindungannya," tuturnya.