Jembatan Sepanjang 120 Km Bakal Jadi Penghubung Riau dan Malaysia

Ilustrasi-jembatan2.jpg
(freepik)

 

RIAU ONLINE - Malaysia dikabarkan akan membangun jalan yang menghubungkan negara Jiran ini dengan Indonesia. Jenis penghubung yang akan dibangun diduga berupa jembatan atau terowongan.

Kota Dumai, Provinsi Riau, Sumatera, akan terhubung dengan kawasan Teluk Gong di Masjid Tanah di Malaka, Malaysia, melalui jalan tersebut. Penghubung sepanjang 120 km itu rencananya akan dibangun oleh pihak swasta.

Dilansir dari Batamnews, jaringan RIAUONLINE, Selasa, 13 September 2022, Bernama memberitakan, Ketua Komite Malaka Investment, Industry, Entrepreneur Development, Datuk Seri Ab Rauf Yusof, menyebut dalam proposalnya bahwa pembangunan akan memakan waktu selama 20 tahun. Ketika sudah rampung dibangun, akan ada dampak signifikan terhadap perekonomian dua negara.

 

 


"Proposalnya sudah disetor oleh sektor swasta dan masing-masing negara secara prinsip sudah menyetujui terkait studi yang dilakukan. Dari sisi pemerintahan, kami juga telah mengajak perwakilan untuk mengunjungi daerah terbaru yang diusulkan itu," ujar Ab Rauf.

Dijelaskan Ab Rauf, konsep yang diusung untuk proyek ini adalah 'One Belt One Road' dan akan menjadi ikon terbaru bagi Malaysia dan Indonesia.

Pada proyek ini nantinya juga akan didirikan ragam infrastruktur, persebaran luas lalu lintas, dan kompleks imigrasi (Immigration, Customs, Quarantine, and Security). Namun, hal ini masih menjadi bagian dari rencana pembangunan tersebut.

 

 

Selain itu, kata Ab Rauf, kawasan industri baru akan dikembangkan secara bertahap di kawasan Masjid Tanah, tepatnya di atas lahan seluas 2.023 hektar.

Perusahaan Melaka yang juga dikenal sebagai Perbadanan Kemajuan Negeri Melaka (PKNM) akan melakukan pembangunan industri baru tersebut. Diharapkan, kedepannya akan ada kota atau wilayah baru yang muncul di kawasan Masjid Tanah dengan adanya pembangunan tersebut.