Sudah Ada Sejak Perang Dunia, Fakta Bendungan Engehalde Lokasi Jasad Eril Ditemukan

Bendungan-Engehalde.jpg
(Via suara.com/flickr.com/photos/Hurni Christoph))


RIAU ONLINE - Jasad putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz ditemukan di Bendungan Engehalde, Bern, Swiss. Akhirnya, keluarga Ridwan Kamil dapat mengucap syukur setelah berita kehilangan Eril dikumandangkan sejak 2 pekan lalu.

Kepolisian Bern mengungkapkan jasad Eril ditemukan saat penjaga air di Bendungan Engehalde, Bern, Swiss menemukan sesosok jasad pria tak bernyawa yang tergeletak di bendungan tersebut. sontak, penjaga pintu air itu melaporkan penemuannya ke kepolisian Bern dan pihak kepolisian bergegas ke lokasi kejadian.

Lalu, seperti apa Bendungan Engehalde?

Warga sekitar sering menyebut bendungan tersebut sebagai Stauwehr Engehalde. Menurut https://www.nau.ch/, seperti dilansir dari Suara.com, Minggu, 12 Juni 2022, bendungan ini sudah ada sejak perang dunia, yang kini berusia hampir 113 tahun. Namun, diresmikan pada 1 November 1990 untuk membendung aliran air di sungai Aare sepanjang 3 kilometer.


Semua peralatan yang ada di bendungan Engehalde termasuk dalam kesatuan perangkat pembangkit listrik Felsenau atau sering disebut Kraftwerk Felsenau, yang memanfaatkan arus sungai Aare yang dideras sebagai pembangkit listrik. Bahkan, beberapa turbin yang sudah pernah dipakai di bendungan ini menjadi salah satu koleksi museum.

Bendungan Engehalde ternyata satu dari empat bendungan yang terdapat pada sungai Aare dan sama-sama berfungsi sebagai pembangkit listrik. Sedangkan tiga bendungan lainnya, tersebar di sepanjang aliran sungai Aare adalah bendungan Mattenschwelle, bendungan Felsenau dan bendungan Muhleberg.

Seperti bendungan lainnya, bendungan Engehalde juga punya pintu air yang dapat dibuka tuutp uuntuk menyaring sampah serta mengalirkannya kembali ke sungai demi mendapatkan kualitas air yang baik untuk pembangkit listrik. Penjaga pintu air akan membersihakn sampah yang terperangkap di pintu tersebut, sehingga air yang kembali dialirkan ke sungai adalah air bersih tanpa kotoran.

Bendungan Engehalde ini memiliki kedalaman hingga 4 meter dan berada di daerah Schonausteg, dekat dengan jembatan yang biasa digunakan oleh warga sekitar untuk melintasi sungai Aare lewat atas.

Berdasarkan pantauan, arus di Bendungan Engehalde tampak sangat deras, sehingga warga dilarang berenang di sekitar area tersebut, kurang lebih 1 km dari lokasi sesuai dengan instruksi yang berlaku di berbagai titik di sungai Aare.