Ridwan Kamil Cerita Penyebab Jenazah Emmeril Tetap Tampan dan Utuh

Foto-Emmeril-Kahn-bersama-Ridwan-Kamil.jpg
(([email protected]/https://www.instagram.com/p/BxYlmighvGI/Devita)

RIAU ONLINE, BERN-Jenazah Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril yang telah ditemukan pada Rabu (8/6/2022) waktu Bern, Swiss ternyata masih utuh.

Melalui akun Instagram pribadinya, Kang Emil—sapaan akrab Ridwan Kamil—menyampaikan rasa syukur bisa memeluk, membelai, memandikan dan mengadzani jenazah Eril secara langsung.

"Alhamdulillah, akhirnya Allah SWT memberikan kesempatan saya untuk kembali memeluk, membelai dan memandikan anak saya sesuai syariat Islam, juga mengadzankan dengan sempurna di telinganya persis seperti saat Eril lahir," tulis Ridwan Kamil yang kini berada di Swiss.

Ridwan Kamil pun menyampaikan bahwa jasad Eril tetap utuh meski sudah 14 hari hilang di Sungai Aare sejak Kamis (26/5/2022). Ia juga menyebut jasad Eril wangi seperti dauen Eucalyptus.

"Walau sudah lewat 14 hari, jasadnya masih utuh, lengkap tidak kurang satu apapun, wajah rapih, menengok ke kanan dan saya bersaksi, jasad Eril wangi seperti wangi daun eucalyptus. Sungguh mukjizat kecil yang sangat kami syukuri." tulisnya dalam unggahan tersebut.

"Maha Besar Allah, atas ijin-Mu, selama 14 hari Sungai Aare benar-benar melindungi dan mensucikan jasadnya dari marabahaya."

"Hai Eril, saatnya kamu pulang ke tanah air, untuk menghaturkan terima kasih kepada jutaan yang mendoakanmu."


Kesaksian jasad Eril masih utuh saat ditemukan setelah 14 hari mengapung di Sungai Aare, juga diberikan sang Ibunda, Atalia. Kata dia Jasad Eril bersih, tampan, tersenyum dan wangi.

Atalia pun yakin Eril dimuliakan Allah SWT

Penjelasan Ilmiah

Melalui Insta Story, Ridwan Kamil menyampaikan penjelasan ilmiah terkait jasad Eril yang masih utuh meski sudah hilang 14 hari. Dalam postingan tersebut, Ridwan Kamil tampak memakai baju warna hitam dan berdiri di depan rumah sakit tempat dirinya memandikan jenazah Eril.

"Alhamdulillah. Di Rumah Sakit Bern, sesaat setelah memandikan jenazah Eril. Penjelasan ilmiah kenapa jasadnya utuh. Sungai Aare yang sedingin kulkas dan minim fauna membuat jasadnya terjaga setengah membeku sehingga tetap utuh lengkap walau berada di dasar sungai selama 14 hari," tulis Ridwan Kamil dalam unggahannya tersebut.

Penemuan Jasad Eril

Kepolisian Bern nyatakan penyelidikan pencarian Eril telah tuntas usai jasad Eril ditemukan di cekungan Bendungan Engehalde, Bern pada Rabu pagi (8/7) sekitar pukul 06.50 waktu setempat.

"Sejumlah petugas khusus polisi maritim kepolisian Kanton Bern berhasil menemukan jenazah di cekungan bendungan air dan mengamankannya," jelas siaran pers di laman kepolisian Bern dikutip pada Kamis malam.

Putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil itu dinyatakan hilang saat berenang di Sungai Aare, Bern, Swiss, pada 26 Mei 2022 lalu dikutip dari suara.com

Pihak kepolisian Bern pun sudah melakukan penyelidikan forensik untuk mengidentifikasinya. Hasil pemeriksaan memastikan bahwa jasad tersebut adalah jenazah Eril.

"Seluruh penyelidikan saat ini telah tuntas," demikian siaran pers kepolisian Bern.