Jadi Buronan Jepang dan Sembunyi di Indonesia, Siapa Mitsuhiro Taniguchi?

Ilustrasi-Ditangkap3.jpg
(Istimewa via Readers.id)


RIAUONLINE - Mitsuhiro Taniguchi, buronan Jepang berhasil ditangkap petugas Imigrasi di Lampung Tengah, Lampung, Selasa 7 Juni 2022.

Mitsuhiro Taniguchi melarikan ke Indonesia, setelah tersandung kasus penipuan dana bantuan sosial (Bansos) Covid-19 pemerintah Jepang.

Polisi Jepang memburu Mitsuhiro Taniguchi lantaran kelompoknya membuat ratusan proposal subsidi palsu dan menerima 960 juta yen atau Rp105,8 miliar.

Bersama kelompoknya, Mitsuhiro Taniguchi menciptakan 1.780 proposal palsu dengan nama yang dikumpulkan dari seluruh negeri melalui kenalan dan juga seminar.

Polisi meyakini, kasus ini adalah yang terbesar di Jepang terkait penipuan bansos dengan melibatkan satu kelompok.

Mitsuhiro Taniguchi diyakini Penyelidik Jepang, telah menciptakan sebuah kelompok yang terdiri dari lebih dari selusin orang. Tidak hanya terdiri dari keluarganya, tapi juga sejumlah kenalan Mitsuhiro Taniguchi.

Selama pandemi Covid-19, Mitsuhiro Taniguchi Cs memanfaatkan situasi itu dengan mengajukan proposal palsu berkedok bantuan pandemi hingga berulang kali.


Sebelumnya, polisi sudah menangkap mantan istri Mitsuhiro Taniguchi, yaitu Rie Taniguchi, yang merupakan seorang eksekutif perusahaan, putra sulungnya Daiki yang pekerjaannya tak diketahui, dan putra keduanya yang saat ini berusia 19 tahun.

 

 

Penyelidik menjelaskan, ketiganya mengajukan proposal palsu dari Juni hingga Agustus 2020 atas permintaan tiga orang lainnya yang tinggal di Tokyo dan Prefektur Hyogo. Dalam proposal itu mereka mengklaim bahwa bisnis mereka bangkrut karena pandemi Covid-19. Ketiganya diduga menipu pemerintah hingga 3 juta yen dalam subsidi Covid-19.

Mitsuhiro Taniguchi ditetapkan sebagai buronan internasional oleh polisi Jepang. Mitsuhiro Taniguchi diyakini meninggalkan Jepang dan kabur ke Indonesia sejak 2020.

Namun akhirnya persembunyian Mitsuhiro Taniguchi di Indonesia pun berakhir di Lampung, setelah Polri membekuknya Selasa, 7 Juni 2022 kemarin, seperti dilansir dari Suara.com, Rabu 8 Juni 2022.

Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo menjelaskan keberadaan Mitsuhiro Taniguchi terdeteksi oleh pihak Imigrasi. Pihak Imigrasi bersama Polsek Kalirejo, Polres Lampung mengaamankan Mitsuhiro Taniguchi di Kalirejo, Lampung Tengah.

Sebelumnya, Polri telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian Jepang dan imigrasi terkait keberadaan dugaan buronan Mitsuhiro Taniguchi di Indonesia.

Setelah diamankan, buronan polisi Tokyo itu selanjutnya diserahkan ke Direktorat Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian, untuk kemudian ditindaklanjuti sesuai Undang-Undang Keimigrasian.