10 Aktor dan Artis Terkenal Hollywood Keturunan Rusia

Leonardo-DiCaprio2.jpg
(Mongabay)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Rusia menjadi negara yang saat ini diperbincangkan karena melancarkan agresi militer ke Ukraina sejak 24 Februari 2022 lalu. Segala hal yang berhubungan dengan negara yang dipimpin presiden Vladimir Putin itu pun ikut menjadi sorotan.

Di balik kabar yang meresahkan tersebut, ternyata ada cukup banyak artis Hollywood yang merupakan keturunan Rusia, lho. Beberapa bahkan memiliki nama asli yang secara jelas menunjukkan akar leluhur mereka.

Menggali sedikit lebih dalam, sebenarnya cukup mengejutkan berapa banyak artis terkenal dengan leluhur dari negara yang dulunya bernama Uni Sovyet itu. Siapa saja?

1. Leonardo DiCaprio

Kakek nenek dari pihak ibu Leonardo DiCaprio adalah imigran Rusia. Mungkin hal itu memengaruhi keputusan aktor tersebut untuk memerankan Grigori Rasputin dalam film biopik tentang penasihat Rusia yang terkenal itu. Nama asli bintang film Titanic tersebut adalah Leonardo Wilhelm DiCaprio.

2. Natalie Portman

Natalie Portman. (Shutterstock)
Natalie Portman. (Shutterstock)

Ibu Natalie Portman merupakan keturunan Rusia. Bintang film Marvel, Thor, tersebut lahir di Yerusalem, Israel pada 9 Juni 1981. Natalie pindah dari Kishinev, Moldova ke kota tempatnya dilahirkan. Aktris cantik ini memiliki nama asli Natalie Hershlag.

3. Milla Jovovich

Milla Jovovich

Milla Jovovich lahir di Kiev, Ukraina yang saat itu masih menjadi bagian dari Uni Sovyet. Ibunya adalah seorang aktris Rusia. Nenek moyangnya dari pihak ibu berasal dari kota Tula di Rusia. Bintang film Resident Evil itu diberi nama Milica Bogdanovna Jovovich saat lahir.

4. Harrison Ford


Harrison Ford termasuk salah satu artis Hollywood keturunan Rusia. Ia menggunakan nama aslinya sendiri sebagai aktor. Kakek-nenek dari pihak ibu adalah imigran dari Belarus, ketika itu adalah bagian dari Minsk, Belarusia, saat itu di Kekaisaran Rusia.

5. Natalie Wood

Lahir sebagai Natalia Nikolaevna Zacharenko, orangtua Wood adalah imigran dari Rusia. Aktris Hollywood yang meninggal tahun 1981 tersebut juga fasih berbicara bahasa Rusia. Natalie Wood juga bangga memiliki akar leluhur di Rusia.


6. Michael Douglas

Michael Douglas dikenal sebagai aktor papan atas di Hollywood. Aktor veteran ini lahir dengan nama asli Michael Kirk Douglas. Ayahnya yang terkenal adalah keturunan Belarusia, dengan nama asli Issur Danielovich-Demsky.

7. Pamela Anderson

Pamela Anderson (PASCAL GUYOT / AFP)

Pamela Anderson (PASCAL GUYOT / AFP)

Pamela Anderson merupakan aktris Kanada-Amerika, simbol seks, aktivis yang populer berkat perannya di serial televisi Baywatch. Ibunya merupakan keturunan Rusia. Aktris yang kehidupan pribadinya diangkat jadi serial berjudul Pam and Tommy ini lahir dengan nama asli Pamela Denise Anderson.

8. Nicole Scherzinger

Ibu Nicole Scherzinger adalah setengah Rusia dan setengah Hawaii. Ibunya menikah lagi dengan Gary Scherzinger, yang nama belakangnya dia pakai hingga sekarang. Personel Pussycat Dolls itu lahir dengan nama Nicole Prascovia Elikolani Valiente pada 29 Juni 1978.

9. David Duchovny


Ayah David Duchovny adalah seorang Yahudi Rusia. Nama aslinya adalah Amram Duckovny. Bintang serial The X-Files itu sempat mengubah nama belakangnya untuk menyesuaikan dengan pengucapan Amerika. Namun David mengubahnya kembali dikutip dari suara.com

10. Joaquin Phoenix

Joaquin Phoenix Tanggapi Wacana Sekuel Film Joker

Joaquin Phoenix saat menerima penghargaan di Oscar 2020 [YouTube]

Sepintas, Joaquin Phoenix tampaknya tidak memiliki hubungan dengan Rusia. Tapi meski namanya mungkin tidak banyak diketahui, ibunya berasal dari keluarga Yahudi imigran Rusia dan Hongaria. Nama asli bintang film Joker tersebut adalah Joaquin Rafael Phoenix

Itu dia 10 Aktor dan Artis Terkenal Hollywood Keturunan Rusia Ada idolamu?