LeBron Jadi Pemain Basket Terkaya Sejagat, Punya Harta Rp 14 Triliun

LeBron-James2.jpg
(Getty Images/AFP)

RIAU ONLINE, WASHINGTON-Perdebatan siapa yang terhebat antara Michael Jordan dan LeBron James kembali memanas.

Setelah kemunculan film Space Jam: A New Legacy, kini perdebatan tersebut dipicu oleh pendapatan kedua pemain. LeBron James diklaim sebagai pemain basket aktif dengan pendapatan sebesar AS$1 miliar.

Kabar ini muncul dari tulisan Kurt Badenhausen. Seorang mantan reporter Forbes yang kini bekerja untuk Sportico. Dia menulis kalau LeBron James mendapatkan AS$1 miliar dari gaji dan duta beberapa merek ternama.

Karena statusnya masih aktif sebagai pemain, maka LeBron dianggap sebagai pemain NBA terkaya. Badenhausen merinci kalau LeBron punya AS$300 juta dari kontrak dan gaji, kemudian ada sekitas AS$700 juta dari usahanya di luar lapangan.

Tapi laman media sosial kembali ramai. Membandingkan pendapatan LeBron James dengan Michael Jordan yang punya kesamaan.


Namun dalam tulisan Badenhausen, Jordan bisa mendapatkan AS$1 miliar dari penjualan sepatu Jordan Brand. Itu pun dia dapat setelah pensiun sebagai pemain dikutip dari mainbasket.com

James dikenal sebagai pemain terbaik di NBA saat ini. Dia terpilih 17 kali sebagai NBA All-Stars, 17 kali All-NBA, 4 kali gelar juara NBA, 4 kali MVP liga, dan 4 kali MVP Final NBA. James berpeluang masuk Hall-of-Fame saat pensiun nanti. Tapi sampai sekarang belum jelas kapan dirinya memutuskan gantung sepatu.

Keberhasilan LeBron tidak hanya terbatas di lingkup basket saja. Di luar lapangan, LeBron adalah penguasaha yang sukses.

Dia memiliki saham di beberapa perusahaan, termasuk di klub-klub olahraga. Sementara untuk kegiatan sosial, LeBron mendanai I Promise School yang terkenal di Akron, Ohio.

Menurut Badenhausen, pemain kedua dan ketiga di NBA dengan pendapatan besar lainnya adalah Kevin Durant dan Stephen Curry.

Durant yang kini bermain di Brooklyn Nets punya pendapatan sebesar AS$580 juta. Sementara Curry yang masih jadi ikon Golden State Warriors serta merek Under Armour, punya pendapatan sebesar AS$430 juta.hraga/385758/lebron-james-dandurant-ditunjuk-sebagai-kapten-nba-all-star-game