WHO Khawatir Jutaan Orang Afrika Terinfeksi Covid-19 bila Penanganan Gagal

warga-cape-town.jpg
(The New York Times)

RIAU ONLINE, JENEWA-Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk Afrika memperkirakan Khawatir bila jutaan orang warga di benua Afrika bisa terinfeksi Covid-19. Akibatnya puluhan ribu orang di benua tersebut berisiko meninggal dunia akibat wabah virus itu.

Ketakutan tersebut bisa jadi kenyataan jika langkah-langkah efektif melawan pandemi tidak diambil oleh pihak berwenang.

"Nyawa sekitar 83.000 hingga 190.000 orang terancam," ungkap WHO dalam sebuah pernyataan seperti yang Suara.com lansir di Anadolu Agency.

Mereka juga menekankan bahwa 29 juta hingga 44 juta warga bisa terinfeksi Covid-19 selama tahun pertama pandemi jika tindakan penanganan gagal dilakukan.

Organisasi itu mengatakan penelitiannya, yang didasarkan pada pemodelan prediksi, mengamati 47 negara di Afrika atau satu miliar populasi.

Menurut WHO, negara-negara kecil seperti Aljazair, Afrika Selatan, dan Kamerun berisiko tinggi jika tindakan penanganan tidak diprioritaskan.

Mereka memperkirakan jumlah kasus yang memerlukan rawat inap akan melebihi kapasitas medis yang tersedia di sebagian besar Afrika. "Diperkirakan ada 3,6 juta – 5,5 juta pasien yang membutuhkan rawat inap," tambah organisasi itu.


Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Afrika menyebutkan total kasus Covid-19 di Afrika telah mencapai 51.698 kasus sejauh ini. Artikel ini sudah terbit di Suara.com

-->