Ini Alasan Kenapa Cuci Tangan Minimal 20 Detik

Cuci-Tangan.jpg
(Shutterstock)

RIAU ONLINE, WASHINGTON-Cuci tangan menjadi aktivitas yang paling sering dilakukan selama pandemi corona menyerang dunia. Aktivitas cuci tangan sangat membantu untuk membunuh kumand dan virus. Waktu yang biasa dilakukan untuk mencuci tangan adalah  selama 20 detik.

Ini adalah salah satu rekomendasi utama Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat atau CDC untuk membunuh kuman.

Dokter keluarga Natasha Bhuyan mengatakan mencuci tangan Anda setidaknya selama 20 detik adalah cara paling efektif untuk memastikan tangan Anda tidak menyebarkan patogen.

“Ini ada dua cara membantu membersihkan kotoran dan kotoran dan kuman, tetapi juga membantu membunuh patogen,” ujarnya seperti dilansir dari laman Bustle.

Ada juga yang menyarankan mencuci tangan dilakukan sambil menyanyikan lagu Selamat Ulang Tahun sebanyak 2 kali. "Menentukan lama waktu optimal untuk mencuci tangan adalah sulit karena beberapa studi tentang dampak kesehatan dari mengubah waktu mencuci tangan telah dilakukan," tulis CDC di situsnya.


"Dari penelitian yang ada, hampir semua telah mengukur pengurangan jumlah keseluruhan mikroba, hanya sebagian kecil yang dapat menyebabkan penyakit, dan belum mengukur dampak pada kesehatan. ... Meskipun demikian, bukti menunjukkan bahwa mencuci tangan selama sekitar 15-30 detik menghilangkan lebih banyak kuman dari tangan daripada mencuci untuk periode yang lebih pendek. "

Menurut sebuah makalah yang dipresentasikan pada Asosiasi Internasional untuk Perlindungan Makanan 2012, peserta studi yang mencuci tangan selama 20 detik mengurangi jumlah bakteri secara signifikan lebih banyak daripada mereka yang mencuci hanya lima detik.

Sebuah penelitian serupa tahun 2008 yang diterbitkan dalam jurnal Applied and Environmental Microbiology menemukan bahwa memastikan tangan Anda sepenuhnya disabuni dengan sabun dan mencuci selama hampir 30 detik jauh lebih efektif untuk menurunkan tingkat bakteri di tangan Anda daripada mencuci selama hampir 15 detik.

Buyhan juga memberi tahu Bustle bahwa bukan hanya lamanya waktu yang Anda habiskan untuk mencuci. Tapi juga tentang kualitas cuci tangan itu sendiri. "Seringkali, kuman bersembunyi di tempat-tempat yang tidak selalu kita bersihkan secara menyeluruh, seperti di bawah kuku kita atau bahkan punggung tangan kita," katanya. "Pastikan untuk memperhatikan titik-titik itu. Juga, gunakan handuk kertas saat mematikan gagang keran - Anda tidak ingin membatalkan semua kerja keras Anda! "

Artikel ini sudah terbit di Tempo.com