Pasutri Manula yang Hampir Berusia Seabad Berhasil Sembuh dari Covid-19

Ilustrasi-pria-tua-India.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, NEW DELHI-Pasutri berusia lanjut dilaporkan sembuh dari corona setelah dirawat di Rumah Sakit di India. Pasien lelaki berusia 93 tahun dan istrinya berusia 88 tahun. Mereka terjangkit setelah kedatangan anak dan menantu yang baru pulang dari Italia.

India telah melaporkan 1.238 kasus aktif Covid-19 sampai hari Rabu 1 April 2020.

Pemulihan pasangan tua ini menjadi berita utama di seluruh negeri, dan dipuji oleh para pakar kesehatan karena keduanya juga menderita masalah kesehatan yang berkaitan dengan usia. Si laki-laki menderita hipertensi dan diabetes — kondisi bawaan yang terbukti berakibat fatal pada banyak kasus di seluruh dunia.

Kondisi pria itu, kata dokter kepada BBC, sempat memburuk sebentar dan menggunakan ventilator selama 24 jam, sebelum berangsur pulih.


Dokter RP Renjin, salah seorang anggota tim yang merawat pasangan suami-istri itu di Rumah Sakit Kottayam Medical College, mengatakan mereka cukup sulit dan suka marah-marah ketika pertama kali dirawat di rumah sakit tiga minggu lalu.

Keluhan terbesar mereka: dipisahkan satu sama lain di Unit Perawatan Intensif (ICU). Tapi staf rumah sakit akhirnya menemukan dua kamar yang dipisahkan oleh sekat kaca, sehingga mereka bisa melihat satu sama lain.

"Mereka senang begitu kita menempatkan mereka di sana," kata dr. Renjin. Ia menambahkan bahwa para stafnya sangat menyukai pasangan itu, dan menyebut mereka "ibu dan ayah" karena sayang.

Pasangan itu tertular virus corona dari putri dan menantu mereka yang kemudian dikenal sebagai "pasangan Italia" setelah mereka diberitakan melewatkan skrining di bandara saat kedatangan mereka.

Mereka akhirnya harus dilacak oleh tenaga kesehatan, tapi sudah terlanjur menginfeksi beberapa anggota keluarga.

Artikel ini sudah terbit di BBC