Negara Ini Kembangkan Alat Tes Cepat Covid-19, Hasilnya 5 Menit Sudah Keluar

lustrasi-positif-terkena-virus-corona.jpg
(Shutter Stock)

RIAU ONLINE, SINGAPURA-Profesor Jackie Ying ilmuwan di Singapura, bersama timnya telah bekerja tanpa lelah selama sekitar enam minggu untuk melakukan tes cepat atau rapid test untuk mengetahui apakah seseorang telah positif COVID-19.


Menurut laporan TheStraits Times, hasil pengembangan Prof. Ying dan timnya yang bekerja pada bagian NanoBio Lab di Agency for Science, Technology and Research (A*Star), Singapura menemukan metode rapid test yang bisa memberikan hasil hanya dalam waktu lima menit.


Metode tersebut masih membutuhkan persetujuan dalam waktu satu bulan untuk uji coba sebelum dapat digunakan secara massal. Cara kerja rapid test yang dikembangkan berbeda dengan alat yang ada sebelumnya. Tes ini mencari bahan genetik virus dalam sekresi atau lendir pasien yang dikumpulkan melalui swab. 

Sampel tersebut kemudian dimasukkan ke dalam perangkat portabel yang akan memberikan hasil dalam waktu sekitar lima hingga 10 menit, menggunakan metode amplifikasi yang sangat cepat yang mereka beri nama Cepat.


"Kami telah melakukan beberapa validasi klinis awal di KK Women's and Children's Hospital menggunakan sampel pasien nyata, dan menemukan tes itu sangat sensitif dan akurat," kata Prof. Ying.


Setelah disetujui, metode tersebut akan dikembangkan dan dapat digunakan di rumah sakit dan akan diadaptasi untuk bisa dipakai di klinik dokter umum, kata Prof. Ying. Jika sudah menjadi alat dan diproduksi massal dan bisa digunakan akan menjadi metode rapid test virus corona tercepat yang pernah ada.


Prof. Ying sedikti menjelaskan cara kerja dan metode dari Rapid Test yang dikembangkannya. Ia bersama Muhammad Nadjad Abdul Rahim, seorang mahasiswa bergelar PhD mengembangkan metode baru untuk memperkuat DNA/RNA spesifik pada suhu tunggal.

Artikel ini sudah terbit di Kumparan,com

-->