Jokowi Sanjung Peselancar Filipina Usai Selamatkan Nyawa Atlet Indonesia

Roger-Casugay.jpg
((foto: facebook))

RIAU ONLINE, JAKARTA-Nama Peselancar Filipna Roger Casugay mendadak viral karena rela membuang peluang meraih emas. Paselancar ini memilih menyelamatkan lawannya, Arip Hidayat yang tenggelam saat bertanding di SEA Games 2019.

Apresiasi juga diberikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuknya. 

Saat itu, Casugay rela melepas peluang memperoleh medali demi memilih menyelamatkan peselancar Indonesia, Arip Nurhidayat, yang tergulung ombak besar di Pantai Monaliza.

Casugay yang saat itu memiliki peluang untuk melaju ke final, memilih meninggalkan perlombaan karena melihat pesaingnya dari Indonesia terlepas dari papan selancar dan terbawa ombak besar.

Casugay menolong Arip dan berbagi papan selancar hingga ke tepi pantai.

Aksi heroik ini, diabadikan Jefferson Ganuelas seorang peselancar lokal pada halaman Facebook pribadinya.

Video ini kemudian diunggah kembali melalui halaman facebook resmi SEA Games Filipina 2019.


"Memenangkan kompetisi itu penting, sportivitas olahraga juga harus dijunjung tinggi, tapi kemanusiaan di atas segalanya," tulis Jokowi memuji tindakan heroik peselancar Roger Casugay melalui akun Instagram pribadinya, Senin 9 Desember 2019.

"Apresiasi saya untuk peselancar Filipina, Roger Casugay, yang merelakan kesempatan meraih medali emas demi menolong pesaingnya, atlet Indonesia Arip Nurhidayat yang terjatuh dalam lomba. Salam hormat dari Indonesia," pungkas Jokowi.

 

Artikel ini sudah terbit di Suara.com