Ini Penjara-penjara Mewah di Berbagai Negara

Penjara-Ilustrasi2.jpg
(Tribunnews.com)

RIAUONLINE - Peristiwa operasi tangkap tangan (OTT) KPK di Lapas Sukamiskin, Jaba Barat menguak sebuah fakta menghebohkan tentang "penjara mewah."

Namun sebenarnya, keberadaan penjara mewah ini bukanlah hal yang baru. Tak hanya di Indonesia saja, di berbagai penjuru dunia juga ada beberapa penjara yang terkenal karena memiliki fasilitas mewah untuk warga binaannya.

Tidak hanya mewah, beberapa penjara juga memberikan fasilitas khusus. Mulai dari kelas pelatihan keterampilan hingga fasilitas gym. Bahkan ada juga penjara yang mengizinkan orangtua menemani anaknya di sel.

Berikut ini beberapa penjara mewah dari berbagai negara yang dilansir Therichest.com

1. Penjara Cordillera, Chili

Penjara ini dibangun pada tahun 2004. Para tahanan di penjara Penitenciario Cordillera menikmati fasilitas mewah, yang berbeda dengan tahanan di penjara lain.

Beberapa fasilitas mewah di dalam penjara itu, di antaranya, masing-masing sel di lengkapi kamar mandi pribadi, dan fasilitas untuk bermain tenis dua jam sehari. Bahkan, ada kolam renang dengan fasilitas mewah

2. Penjara Addiewell, Skotlandia

Para tahanan di beberapa penjara modern Inggris telah dimanjakan dengan berbagai fasilitas mewah seperti Playstation, komputer, TV layar datar lengkap dengan saluran satelit, dan toilet yang sangat nyaman. Salah satunya di penjara Addiewell ini.

Bahkan, diakui para narapidana di dalamnya bahwa mereka merasa berada di penjara sama seperti berada di perkemahan liburan.

Seperti pengakuan pria yang dipenjara karena menusuk istrinya. Ia pernah menyatakan bahwa dia menikmati kehidupan yang mewah di penjara dan lebih memilih berada di dalam penjara.

3. Penjara Aranjuez, Spanyol

Jangan kaget jika bangunan penjara ini tidak seperti rumah tahanan pada biasanya. Penjara Aranjuez terlihat lebih rapi dan penuh warna.

Penjara ini sangat ramah bagi keluarga dan anak-anak para narapidana. Bahkan banyak yang menyebutkan bahwa ini adalah penjara bintang lima.

4. Penjara Halden, Norwegia

Penjara Halden di Norway merupakan salah satu penjara dengan kualitas hotel bintang 4 dan dinobatkan sebagai penjara paling nyaman di dunia.

Jika Anda mengunjungi Penjara Halden ini, mungkin kesan pertama adalah tempat ini bukanlah sebuah penjara dan sarang para residivis. Penjara ini bahkan juga terkenal dengan metode yang anti mainstream yaitu dengan cara memanusiakan narapidana.

5. Penjara JVA Fuhlbuettel, Jerman

JVA Fuhlbuettel adalah penjara mewah di Hamburg, Jerman yang melayani narapidana. Direnovasi dan dibuka kembali tahun 2011, JVA ini jauh lebih mewah dengan fasilitas tempat tidur, sofa, dan toilet.

Bahkan narapidana diberi ruang untuk rapat kecil serta memiliki akses ke mesin cuci merek baru dan pengering untuk melakukan laundry sendiri.

6. Penjara Champ-Dollon, Swiss

Penjara Champ-Dollon Prison ini letaknya di Jenewa, Swiss. Dulu penjara ini dikenal sebagai penjara dengan tingkatan kepadatan yang luar bisa dengan berbagai penyebaran penyakit di dalamnya.

Namun di tahun 2008, penjara ini mengalami perubahan yang lebih baik.

Tak lagi berhimpitan dengan narapidana lain, para penghuni kini bisa tidur dengan kamar tidur sendiri dan kamar mandi di dalam penjara layaknya hotel bintang 3.

7. Penjara Leoben Justice Centre, Austria

Tidak selamanya penjara menyuguhkan kesan kumuh, angker dan tak manusiawi. Tengok saja penjara Leoben Justice Centre di Steiermark, Austria, yang desainnya mirip dengan hotel bintang lima.

Penjara 'bintang lima' tersebut merupakan kreasi arsitek Josef Hohensinn. Selesai dibangun pada November 2004, penjara yang hanya dapat menampung 205 narapidana ini langsung habis dipesan.

8. Penjara Bastoy, Norwegia

Sekitar 75 km di lepas pantai Oslo, Norwegia terdapat sebuah pulau yang berisi 115 penjahat. Penjahat ini berada di sana karena berbagai tindak kriminal yang dilakukannya seperti pembunuhan, pemerkosaan dan narkoba.

Penjara Bastoy namanya. Sebuah penjara yang menuai banyak kontroversi tak hanya dari dunia luar namun juga ditentang warga Norwegia sendiri.

Pasalnya penjara ini tidak mencerminkan sebuah penjara yang membuat jera pelaku kriminal malah terkesan memanjakan mereka dengan berbagai fasilitas menyenangkan.

Bagaimana tidak, di dalam penjara ini terdapat lapangan tenis, pacuan kuda, kolam memancing, dan area berjemur yang super mewah.

9. Aranjuez Prison, Spanyol.

Penjara ini memberikan fasilitas yang super nyaman untuk anak-anak yang sudah menjadi narapidana. Dalam tahun pertama di penjara, orangtua mereka diijinkan untuk menemani.

Sel di penjara ini didesain nyaman untuk anak dengan beberapa aksesoris seperti karakter Disney di tembok. Ada juga area bermain khusus anak.


10. Otago Corrections Facility, Selandia Baru.

Penjara ini mempunyai sel nyaman untuk narapidananya. Ada beberapa kelas yang dapat diikuti narapidana di penjara ini yakni diajari cara bertanam dengan baik, tekik elektro dan juga kegiatan memasak. (bbs)

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id