Komplek Pemakaman Ditemukan di Dasar Kolam Lepas Pantai Florida

Pemakaman-bawah-air.jpg

RIAU ONLINE, FLORIDA - Sebuah situs pemakaman nenek moyang ditemukan tim arkeologis di Teluk Meksiko, di lepas pantai Florida. Uniknya, komplek pemakaman kuno ini bukan ditemukan di daratan, melainkan terendam di bawah air.

Diungkapkan Ken Detzner, seorang pejabat di negara bagian Florida yang dikutip dari VOA Indonesia, Sabtu 3 Maret 2018, pemakaman ini ditengarai merupakan situs pemakaman nenek moyang Penduduk Asli Amerika.

Ia mengumumkan bahwa situs arkeologis yang disebut Manasota Key Offshore terletak di landas benua dekat Venice, yang terlindungi dalam sebuah kolam air tawar, namun dengan dasar berupa tanah gambut.

Laporan terkait adanya situs tersebut, sebenarnya juga diawali pada bulan Juni 2016 saat para penyelam mengidentifikasi akan penemuan kerangka manusia. Setelah dilakukan penelitian lanjutan, arkeologis kemudian memastikan bahwa situs itu berasal dari masa Kuno Awal.

Para pejabat mengatakan lahan pemakaman prasejarah lepas pantai termasuk langka. Di belahan dunia lain juga penah ditemukan situs peninggalan sejarah sejenis, yaitu di Israel dan Denmark.

Ken memastikan, situs itu dilindungi undang-undang. Yang artinya merupakan tindakan ilegal bagi siapapun yang menggali atau memindahkan apapun di sana, tanpa kewenangan dari negara bagian Florida. (1)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id