Selamat, Indonesia Dipilih sebagai Ketua ASEAN Canberra Committee

Dubes-Yohanes.jpg
(Internet)

RIAU ONLINE - Indonesia dikukuhkan menjadi Ketua ASEAN Canberra Committee (ACC) periode Januari-Juni 2018. Pengkukuhan ini diberikan dalam pertemuan ACC tingkat Duta Besar negara anggota ASEAN di Canberra, Kamis 21 Desember 2017.

Keketuaan Indonesia pada ACC mencerminkan kepercayaan perwakilan negara anggota ASEAN di Australia terhadap kepemimpinan Indonesia, terutama dalam menjalankan sejumlah program penting, salah satunya ASEAN-Australia Special Summit (AASS) yang akan diadakan di Sydney pada Maret 2018.

AASS akan dihadiri oleh seluruh kepala negara/pemerintahan dari negara anggota ASEAN, bersama dengan Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull.

Pelaksanaan AASS mendapat perhatian besar karena berkaitan dengan kepentingan strategis pemerintah Australia terhadap ASEAN, mengingat potensi kerja sama kemitraan di masa depan.

Duta Besar Indonesia untuk Australia, Yohanes Kristiarto Soeryo Legowo, menyampaikan, kepemimpinan Indonesia tidak hanya dititikberatkan pada hubungan politik, tapi juga kerja sama ekonomi dan memperkuat hubungan people-to-people.


Indonesia akan mengoordinasikan partisipasi perwakilan negara anggota ASEAN pada sejumlah kegiatan internasional di Australia, seperti National Multicultural Festival 2018 ataupun Canberra Run 2018, yang diharapkan bisa meningkatkan peran ASEAN kepada publik di Australia.

Sementara itu, kerja sama di bidang ekonomi tecermin dari penyelenggaraan Business Summit dan SME Conference. Keduanya bertujuan untuk memperkuat networking kalangan bisnis negara anggota ASEAN.

ACC selama ini telah melaksanakan berbagai kegiatan besar, di antaranya Perayaan 50 Tahun ASEAN yang diselenggarakan di Governor House, bersama Gubernur Jenderal Australia yang berperan sebagai tuan rumah.

“Melalui kerja sama di antara perwakilan negara anggota ASEAN di Canberra, termasuk dengan berbagai program sosial-budaya, pariwisata, kemasyarakatan dan pendekatan kepada Pemerintah dan Parlemen Australia, diharapkan ASEAN akan semakin dikenal oleh masyarakat Australia," tutur Dubes Kristiarto melalui keterangan tertulisnya yang diwartakan LIPUTAN6.COM, Sabtu 23 Desember 2017.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id