Pasukan Israel Gerebek dan Tutup 8 Kantor Media

Kantor-media-ditutup.jpg
(AFP)

RIAU ONLINE - Sebanyak delapan kantor media di Tepi Barat digereb dalam operasi besar-besaran pasukan keamanan Israel. Media-media ini ditutup selama enam bulan dengan tuduhan melakukan penghasutan.

Seorang juru bicara militer Israel mengatakan, sasaran operasi sepanjang Selasa, 17 Oktober 2017 malam waktu setempat itu adalah kantor media yang menyediakan konten yang mempromosikan atau memuji kekerasan atas Israel.

Seperti dikutip dari BBC Indonesia, dalam penggerebekan tersebut, aparat Israel menyita sejumlah dokumen dan peralatan yang dituduh memasok konten ke stasiun TV yang berkaitan dengan gerakan Hamas.

"Aparat militer Israel tadi malam menggerebek perusahaan produksi dan media yang memberikan layanan kepada stasiun TV Al-Aqsa dan Al-Quds," tulis Kepala Satuan Unit COGAT dari Kementerian Pertahanan, Yoav Mordechai, di Facebook.

"Kedua stasiun itu menyiarkan secara terus menerus penghasutan atas negara Israel. Bukan rahasia bahwa kedua stasiun menginspirasi, beberapa kali, teroris untuk melakukan serangan teror atas warga yang tidak bersalah," lanjutnya.
Tidak dijelaskan rincian dari 'penghasutan' yang dimaksud dan pengumuman yang ditempelkan menyebutkan perusahaan-perusahaan tersebut ditutup selama enam bulan.


Sementara salah satu perusahaan yang digerebek mengatakan pihaknya menawarkan layanan kepada berbagai media berita lokal maupun internasional.

Otorita Palestina mengecam keras serangan ini, yang menurut juru bicaranya, Yusef al-Mahmoud, sebagai pelanggaran berat atas hukum internasional.

Serangan atas perusahaan media dan rumah produksi video terjadi beberapa hari setelah faksi-faksi Palestina yang sebelumnya bertikai -Hamas dan Fatah- mencapai kesepakatan rekonsiliasi.

Namun pemerintah Israel menyatakan pihaknya tidak berhubungan dengan pemerintahan Palestina yang bersatu kecuali Hamas -yang berkuasa di Gaza, yang sering menjadi tempat untuk melakukan serangan ke Israel- menempuh perubahan drastis.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id