7 Negara Ini Terkenal Suka Dermawan, Tak Satu Pun dari Negara Arab. Indonesia?

Sedekah.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE - Tahukah Anda, ternyata Indonesia berada di peringkat ketujuh, di atas negara-negara petro dolar atau super kaya, dalam hal suka memberikan sedekah atau dermawanan serta suka meluangkan waktu utntuk kegiatan sosial.

Peringkat tersebut disusun oleh sebuah lembaga amal Charity Aid Foundation setiap tahun merunut daftar negara berpenduduk suka atau paling dermawan. Peringkat Indonesia itu dirilis untuk tahun 2016 silam. 

Walau demikian, Indonesia masih kalah dengan Myanmar, berada di peringkat 1, dan Sri Langka ke-5. Dari peringkat tersebut, tak ada satupun negara-negara di Timur Tengah atau jazirah Arab.

Baca Juga: (Video) Kakek Ini Enggan Terima Belas Kasihan Penjual Buah

 

Inilah daftar teratas Indeks Kedermawanan Dunia versi CAF yang RIAUONLINE.CO.ID kutip dari laman dw.com

1. Myanmar

Sebanyak 35,6 juta penduduk Myanamar atau sekitar 91 persen mengaku menyumbangkan uang buat kaum miskin selama 2016. Sementara 55 persen warga meluangkan waktu pribadi untuk terlibat dalam kegiatan sosial secara sukarela. Dalam hal membantu orang tak dikenal, Myanmar juga tergolong yang paling tinggi, yakni 63 persen.

2. Amerika Serikat

Setiap tahun penduduk AS rata-rata menyumbangkan 265 miliar Dollar AS untuk keperluan sosial. Namun dalam ranking kedermawanan, negeri Paman Sam ini berada di urutan kedua. Pasalnya tahun 2016 hanya 63 persen penduduk yang menyisakan uang buat sumbangan. Sebaliknya 73 persen mengaku siap membantu orang tak dikenal jika diperlukan.

3. Australia

Sebanyak 73 persen penduduk Australia rutin menyumbangkan uang selama tahun 2016. Secara total jumlah uang yang disumbangkan mencapai 12 miliar Dollar AS. Meski tergolong ramah dan gemar membantu orang asing (68 persen), tidak banyak warga Australia yang rela meluangkan waktu untuk kegiatan sosial (40 persen)

4. Selandia Baru

Setidaknya 71 persen penduduk Selandia Baru aktif memberikan uang sumbangan selama 2016. Tapi serupa Australia, hanya 44 persen warga negeri kepulauan itu yang bersedia bekerja secara sukarela dalam kegiatan sosial.

5. Sri Lanka

Meski tergolong miskin, penduduk Sri Lanka gemar menolong kaum papa. Sebanyak 61 persen penduduk tercatat rutin menyumbangkan uang dan tidak jengah membantu orang tak dikenal. Sementara 49 persen mengaku pernah bekerja secara sukarela dalam proyek sosial.

Klik Juga: Tak Hanya Brigadir, Abdi Negara Ini Ayah Bagi 30 Anak Yatim Piatu

6. Kanada

Setiap tahun penduduk Kanada rata-rata menyumbangkan dana sebesar 9 miliar Dollar AS buat kaum miskin. Tahun lalu sebanyak 65 persen penduduk ikut berderma. Namun jumlahnya terus berkurang lantaran menurunnya tingkat kepercayaan penduduk terhadap kredibilitas lembaga amal.

7. Indonesia

Siapa nyana, Indonesia mengalahkan Inggris dan Uni Emirat Arab dalam hal kedermawanan. Dibandingkan dua negara kaya itu, lebih banyak penduduk Indonesia yang menyumbangkan uang secara rutin (75 persen) dan bekerja secara sukarela (50 persen). Namun berbeda dengan presepsi umum, cuma 43 persen warga bersedia membantu orang tak dikenal.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline