Ditolak Brazil, Calon Duta Besar Israel Diganti

Brazil-Israel.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE - Pemerintah Brazil menolak calon duta besar Israel yang seharusnya ditempatkan di negara itu. Pasalnya, calon duta besar bernama Dani Dayan itu dianggap terlibat dalam organisasi yang mempromosikan pemukiman di Tepi Barat.

 

Brazil secara resmi mengakui negara Palestina pada tahun 2010 dengan menggunakan batas-batas tahun 1967 terkait Tepi Barat, Gaza dan Yerusalem Timur. Masyarakat internasional menganggap permukiman Yahudi di Tepi Barat dan Yerusalem Timur ilegal.

 

BACA JUGA : Ini 10 Bandar Udara Terbaik di Dunia Tahun Ini

 

Sebagaimana dilansir dari VOA Indonesia, Kantor Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu Senin (28/3/2016) mengumumkan bahwa Dani Dayan batal ditempatkan di Brazil. Dayan ditunjuk sebagai Konsul Jenderal Israel di New York.

 

KLIK JUGA : Kelompok Santoso Terima Miliaran Rupiah dari ISIS

 

Sebenarnya, sudah delapan bulan Dayan dipromosikan sebagai duta besar di Brazil. Ia dipilih karena dianggap tepat dan satu-satunya calon Israel untuk Brazil. Pencalonan Dayan juga mendapat dukungan dari partai oposisi di parlemen Israel.

 

Sementara itu, Dayan menilai, penunjukannya sebagai konsulat di New York seharusnya tidak artikan bahwa Israel mengalah karena tekanan Brazil. Melainkan satu kemenangan bagi gerakan permukiman Israel.

 

"Saya pikir unsur-unsur yang tidak ingin pemimpin pemukiman ada di Brazilia malah menempatkan pemimpin pemukiman di ibukota dunia, sehingga pada akhirnya ini adalah kemenangan," katanya.