Pelaku Serangan Bom Brussel Terekam CCTV

Tersangka-Bom-Brussels.jpg
(AFP/GETTY IMAGE/DAILY MAIL)

RIAU ONLINE - Seorang yang diduga tersangka bom jihad terekam kamera CCTV bandara. Diketahui sebelum terjadinya ledakan bom, pria yang terlihat mengenakan rompi bunuh diri mendorong koper yang disinyalir berisi bom ke dalam area check-in pada pukul 08:00 waktu setempat.

 

Selain itu, terlihat juga dua orang mengenakan sarung tangan hitam dan diyakini berisikan detonator ditangan kiri mereka yang kemudian meledak pada serangan pertama teror di Ibukota Belgia yang sedikitkan menewaskan 34 orang.

 

Dilansir dari Daily Mail, para pejabat AS yang mempelajari CCTV mengatakan pelaku bom ketiga sudah meninggalkan bom dan keberangkatannya dari bandara 'tampaknya sudah direncanakan'.

(BACA JUGA: ISIS Bagi-bagikan Permen di Suriah, Rayakan Serangan di Brussels)

 

Kurang dari 80 menit kemudian, sebuah ledakan lebih lanjut terjadi pada kereta Metro di stasiun Meelbeek yang letaknnya dekat dengan gedung Parlemen Uni Eropa dan menewaskan 20 orang.

 

Laporan lain menyebutkan 'orang putih' melarikan diri dari bandara setelah perangkatnya bomnya gagal meledak. Tentara Belgia mengatakan koper dan rompi bunuh diri yang ditemukan di tempat kejadian sudah dinetralkan.

 

Polisi Belgia segera menluncurkan pencarian utama untuk menemukan seseorang diduga anggota ISIS yang mengaku bertanggung jawab atas serangan yang menewaskan 34 orang dan melukai 200 orang lainnya.

(KLIK JUGA: Bom Bunuh Diri di Belgia Tewaskan 34 Orang)

 

Walikota setempat, Francis Vermeiren mengatakan tersangka ISIS datang dengan taksi sambil membawa koper dan bom di dalam tas mereka.

 

"Mereka meletakkan koper mereka di troli, dua bom pertama meledak. Bom ketiga ditempatkan di kereta, tapi tidak meledak, dia pasti panik," kata Francis Vermeiren.

 

Ini adalah teknik yang sama seperti yang digunakan oleh jihadis yang melakukan serangan di Paris November 2015 lalu.

LIHAT JUGA: Ingin Tahu Kondisi WNI di Brussel Pasca Pemboman? Hubungi Nomor Kontak Ini

 

Katiga tersangka Brussels melarikan diri ke terminal sebelum serangan itu terjadi dan pejabat di luar AS menyakini keberangkatan tersangka yagn terlihat tenang menunjukkan ia mungkin telah merencanakan semuanya bersama-sama untuk meninggalkan bandara sebelum bom meledak.

 

Polisi Belgia telah mengeluarkan 'wanted' poster tersangka yang mengenakan mantel berwarna terang dan topi hitam sambil mendorong troli koper ke bagasi.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline

 

Sumber: Daily Mail