Tiongkok Merasa Terancam Sistem Pertahanan Rudal Amerika

KORSEL.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE - Sistem pertahanan rudal Amerika Serikat (AS() untuk melindungi Korea Selatan dari Korea Utara dianggap dapat mengancam keamanan Tiongkok. Sistem pertahanan rudal tersebut disebut bisa menembus ke wilayah Tiongkok.

 


Menteri luar negeri Tiongkok, Wang Yi kepada kantor berita Reuters menilai, sistem pertahanan itu jauh melampaui kebutuhan pertahanan semenanjung Korea. Meski AS dan Korea Selatan mengatakan bahwa Terminal High Altitude Area Defence System (THAAD) hanya dirancang untuk melindungi Korea Selatan, tapi Menlu Wang mendesak AS untuk memikirkan kembali strateginya.

 


"Ini secara langsung mempengaruhi kepentingan keamanan strategis Cina dan negara-negara Asia lainnya," ungkapnya. Wang juga mengatakan Cina akan mendukung resolusi Dewan Keamanan PBB agar menekan Korea Utara "membayar harga yang diperlukan" untuk peluncuran roketnya baru-baru ini.

 


Pembicaraan lebih lanjut tentang Terminal High Altitude Area Defence System atau THAAD ini muncul di tengah meningkatnya ketegangan antara kedua Korea menyusul percobaan nuklir dan roket Korea Utara.

 


Pyongyang menegaskan peluncuran roket miliknya merupakan bagian dari program ruang angkasa yang damai.

 


Namun para pejabat AS mengatakan peluncuran itu dilatari kepentinganpengembangan rudal balistik antar benua yang mampu menyerang daratan AS.

-->