Amerika Bom Truk Minyak, Berhasilkah Lumpuhkan ISIS?

Foto-Sebelum-dan-Sesudah-AS-Bom-Truk-Minyak.jpg
(AP)

RIAU ONLINE, WASHINGTON - Pentagon ternyata telah mulai mengebom truk-truk pengangkut minyak bumi milik tentara kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). 

 

Serangan udara yang dilakukan Kementerian Pertahanan tersebut tidak hanya truk-truk pengangkut minya saja, juga fasilitas-fasilitas telah dikuasai kelompok bersenjata itu. (Baca Juga: Wali Kota Muslim Ini Serukan Hancurkan ISIS

 

Juru bicara koalisi pimpinan Amerika Serikat, Kolonel Steve Warren, Rabu (18/11), mengatakan, serangan udara menghancurkan 116 kapal tanker di Suriah timur sejak Minggu (15/11/2015). 

 


Ia menjelaskan, pesawat-pesawat Amerika Serikat menjatuhkan selebaran yang berisikan peringatan bagi sopir agar melompat keluar dari truk dan lari menjauh.

 

Warren menyatakan tidak mungkin sopir itu anggota ISIS. Ia menjelaskan, serangan udara terhadap fasilitas minyak ISIS tidak sukses karena militan dengan cepat memperbaiki kerusakan. (Klik Juga: ISIS Akhirnya Mengaku Serang Paris

 

 

ISIS menggunakan jutaan Dolar AS hasil penjualan minyak untuk membantu mendanai operasinya. Warren juga mengkritik serangan udara Rusia di Suriah yang secara umum dinilainya tidak fokus. Ia mengatakan, "tidaklah mengejutkan" jika serangan itu membunuh warga sipil.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline