Galeri Foto: Menelusuri Kekayaan Alam dan Kearifan Lokal Lubuk Bigau Kampar

PLN-dikampar5.jpg
(SOFIAH/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Riau. Begitu mendengar namanya yang terbesit hanyalah sawit dan minyak serta minim wisata alam. Ya, tidak salah buat yang berpendirian seperti ini.

Namun nyatanya, Bumi Lancang Kuning punya sejuta pesona untuk dikunjungi sekedar melepas penat dari hiruk pikuk perkotaan.

Alam Riau menyajikan pemandangan menyejukkan mata. Jarak tempuh paling minim yakni 2 jam bahkan ada yang sampai 12 jam perjalanan seperti ke daerah Indragiri Hilir.

Itulah mengapa beberapa kabupaten/kota ingin pisah dari Riau. Tak mengapa, jika bisa mengembangkan daerah masing-masing apalagi didukung dengan wisata alam yang masih bahari.

Berbicara tentang wisata alam bahari, kali ini PLN UIP Sumbagteng dan Yayasan Hutanriau mengajak kita semua untuk telusur Lubuk Bigau. Sebuah desa kecil yang berada di hulu Das Bio, Kecamatan Kampar Kiri, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau yang menyimpan surga tersembunyi di tengah kearifan lokal.

Lokasinya berjarak 137 km dari Kota Pekanbaru, Riau. Perjalanan dapat ditempuh selama kurang lebih empat jam menggunakan jalur darat.

Ekspedisi kali ini yakni berkaitan dengan Hari Lingkungan Hidup. Dimana dalam program PLN Peduli sebagai komitmen sosial yang bertujuan untuk peduli terhadap alam dan perubahan iklim.

Rombongan pun menyebar 11 ribu benih ikan di Tepian Sungai Kapas. Sehingga, kedepan potensi ikan air tawar tetap ada dan bisa dimanfaatkan warga untuk lauk pauk ataupun sumber ekonomi warga yang masih lekat dengan kearifan lokal.

RIAU ONLINE pun berkesempatan untuk turut menelusuri satu dari sekian banyak keindahan yang terhampar di Riau. Berikut jalur yang ditelusuri RIAU ONLINE bersama tim di Lubuk Bigau dan Air Terjun Jonjang.

PLN dikampar2


Menelusuri rimba dan menerjang sungai. (SOFIAH/RIAU ONLINE)

PLN dikampar6

Kondisi jalan yang masih buruk mengharuskan kerjasama tim agar tetap sampai tujuan. (SOFIAH/RIAU ONLINE)

PLN dikampar3

Lokasi camping ground di Lapangan Dusun 2 Desa Lubuk Bigau. (SOFIAH/RIAU ONLINE)

PLN dikampar8

Suasana makan bersama warga sekitar. (SOFIAH/RIAU ONLINE)

PLN dikampar7

Perpustakaan Bella. (SOFIAH/RIAU ONLINE)

Tebar benih ikan

Sebar 11 ribu benih ikan di tepian Sungai Kapas. (SOFIAH/RIAU ONLINE)

PLN dikampar4

Permainan Tradisional Elo Upyia. (SOFIAH/RIAU ONLINE)

 

PLN dikampar5

Air Terjun Lubuk Bigau, Kampar Kiri Hulu, Kampar. (SOFIAH/RIAU ONLINE)