Lomba Manjalo Ikan di Danau Maninjau Sumbar Diramaikan Wisatawan Prancis

Lomba-manjalo-ikan-di-danau-maninjau.jpg
(Antara/Altas Maulana)

RIAU ONLINE, LUBUK BASUNG - Lomba manjalo atau menangkap ikan di Danau Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar), dimeriahkan wisawatan mancanegara asal Prancis.

Manjalo ikan menggunakan alat tradisional ini merupakan rangkain dari Festival Danau Maninjau Kelok 44 yang diselenggarakan pada Minggu, 17 September 2023.

Wisatawan asal Prancis bernama Fret itu menggunakan pakaian adat tradisi Minangkabau dan deta atau ikat kepala sambil memegang alat tangkap, lalu melemparkannya ke Danau Maninjau.

"Ini pengalaman saya pertama kalinya ikut dalam lomba manjalo ini," katanya di Lubuk Basung.


Fret mengaku pertama kali melihat festival yang mengangkat kebudayaan dan tradisi Minangkabau ini, yang mengharuskan pesertanya menggunakan pakaian tradisional Minangkabau, memainkan alat musik, dan lainnya.

"Kesan sangat menarik dan pengunjung cukup ramai menyaksikan kegiatan tersebut," kata Fret yang sedang liburan di Danau Maninjau bersama istri dan dua anaknya.

Sementara Kepala Balai Pelestarian Budaya Wilayah III Sumbar Undri menambahkan peserta lomba manjalo sebanyak 10 orang yang berasal dari daerah itu.

"Lomba manjalo ini merupakan rangkaian kegiatan Festival Danau Maninjau Kelok 44 yang digelar 15-17 September 2023, di samping pemutaran film kebudayaan, penanaman pohon buah-buahan di Kelok 2, arak-arakan kesenian di Kelok 2, pertunjukan kesenian, seminar, dan pameran UMKM," katanya.

Undri menjelaskan lomba manjalo ikan diselenggarakan guna mengangkat kembali tradisi masyrakat manjalo ikan dengan agar bisa dilestarikan masyrakat Salingka atau sekitar Danau Maninjau.

Dewan Juri Lomba Manjalo Ikan, Muzakar, mengatakan kriteria lomba yakni setiap peserta dilepas dari bibir pantai menuju ke dalam danau dengan jarak 50 meter. Peserta diberikan waktu selama satu jam untuk menangkap ikan dan setelah habis waktu ikan akan ditimbang.

"Bagi peserta yang paling banyak hasil tangkapan, maka mereka yang akan keluar sebagai pemenang," katanya.(ANTARA)