Siap Bela Timnas Indonesia, 2 Pemain Keturunan Indonesia Ini Ancam Posisi Asnawi

Asnawi-mangkualam2.jpg
(Dok. PSSI)

RIAU ONLINE - Dua pemain keturunan Indonesia, Jay den Haan dan Yael Liesdek, mengaku siap dinaturalisasi. Posisi Asnawi Mangkualam Bahar pun terancam di Timnas Indonesia.

Pasalnya, kedua pemain yang pernah bermain di klub Eropa tersebut sama-sama berada di posisi sebagai bek kanan.

Jay den Haan merupakan pemain berusia 22 tahun yang memiliki darah keturunan Indonesia dari kakek dan neneknya yang berasal dari Bogor.

“Kakek nenek saya adalah orang Indonesia, dan saya penggemar berat Indonesia pada umumnya. Dan akan berlibur ke sana bersama keluarga musim panas ini juga,” ujar Jay den Haan di unggahan akun Instagram @futboll.indonesiaa, dikutip dari Suara.com, Rabu 27 Desember 2023.

“Saya tidak punya paspor Indonesia, tapi jika Indonesia membutuhkan, saya akan bersedia karena itu sebuah penghormatan yang besar bisa membela tanah kelahiran kakek nenek saya,” lanjutnya.


Jay den Haan saat ini bermain untuk klub Belanda, Sparta Rotterdam. Namun, Haan bermain untuk Jong Sparta Rotterdam atau tim kedua mereka di Tweede Divisie atau Liga 3 Belanda.

Di musim 2023/24, Jay den Haan bermain 17 kali di Tweede Divisie dengan catatan 1 gol dan 1 assist dari laman Transfermarkt.

Pemain kelahiran 3 Januari 2001 itu bisa bermain sebagai bek kanan dan bek kiri. Jika dinaturalisasi, posisinya berpotensi menjadi ancaman bagi posisi Asnawi.

Sementara Yael Liesdek bermain untuk klub Eerste Divisie atau Liga 2 Belanda, Telstar.

Pemain yang biasa mentas sebagai fullback kanan ini memiliki darah Indonesia dari sang kakek yang berasal dari Haria, Saparua, Maluku Tengah.

Di musim ini, pemain kelahiran 21 Oktober 2001 tersebut baru bermain satu kali buat Telstar di Eerste Divisie. Tapi secara keseluruhan, ia sudah mencatatkan 52 laga buat Telstar sejak promosi ke tim utama pada 2021.