Sejarah 22 Tahun Lalu Terulang Kala Timnas Indonesia U-23 Bungkam Taipei 9-0

Timnas-Indonesia-U-23-1.jpg
(ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/Spt)

RIAU ONLINE - Timnas Indonesia U-23 kembali mengulang sejarah dengan menyamai catatan kemenangan dengan jumlah margin sembilan gol yang ditorehkan pada 22 tahun lalu.

Skuad Garuda Muda membungkam Taipei dengan 9-0 dalam laga grup K Kualifikasi Piala AFC U-23 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Sabtu, 9 September 2023.

"Terakhir menang besar adalah pada tahun 2019 saat SEA Games Manila saat itu Indonesia menang 8-0 atas Brunei Darussalam. Tetapi kalo skor 9-0 terakhir kali kita torehkan pada SEA Games 2001 dengan lawan yang sama Brunei Darussalam," ujar Pengamat sepak bola Akmal Marhali kepada pewarta, dikutip dari Suara.com, Minggu, 10 September 2023.

Kemenangan Timnas Indonesia ini menjadi yang terbesar sejak terakhir kali ditorehkan lebih dari dua dekade silam.


Dengan kemenangan besar ini, Indonesia menduduki klasemen grup K atas Turkmenistan yang sebelumnya menang 4-0 atas China Taipei.

Lebih lanjut akmal menjelaskan bahwa kemenangan terbesar masih dipegang oleh timnas senior Indonesia yang pernah menang atas Filipina dengan skor 13-1.

"Kalau di timnas senior kemenangan terbesar terjadi pada Piala AFF 2002. Saat itu skuat Garuda menang telak 13-1 atas Filipina," kata Akmal.

Kemenangan besar Timnas Indonesia U-23 atas China Taipei membuka pintu lolos ke Piala Asia U-23 di Qatar semakin terbuka lebar.

Indonesia hanya butuh hasil imbang pada laga kedua melawan Turkmenistan yang akan digelar Selasa, 12 September 2023, mendatang.

"Indonesia hanya butuh hasil Imbang saja dalam pertandingan terakhir melawan Turkmenistan. Dengan hasil itu Timnas U-23 sudah lolos ke putaran final Piala Asia U23 di Qatar," kata Akmal.