Shin Tae-yong Umunkan Nasibnya Pasca Iwan Bule Umumkan Lengser dari PSSI

Shin-Tae-yong13.jpg
((Michael Siahaan))

RIAU ONLINE, JAKARTA-Shin Tae-yong angkat bicara soal masa depannya bersama skuad Garuda pasca kegagalan di Piala AFF 2022. Apa kata juru taktik asal Korea Selatan itu?

Nasib Shin Tae-yong sebagai pelatih kepala Timnas Indonesia kian dispekulasikan setelah kegagalan di Piala AFF 2022 dan fakta bahwa Mochamad Iriawan akan segera lengser dari jabatan Ketua Umum PSSI.

Mochamad Iriawan alias Iwan Bule sebelumnya mewacanakan untuk memperpanjang kontrak Shin Tae-yong yang diketahui bakal habis pada akhir 2023 mendatang.

Wacana itu disampaikan setelah Timnas Indonesia secara impresif mampu dua kali mengalahkan Curacao, negara dengan ranking Top 100 FIFA di FIFA Matchday September 2022 lalu.

Namun belakangan, dinamika yang terjadi di dalam tubuh PSSI membuat wacana itu menggantung. Bahkan, beberapa anggota Komite Eksekutif (Exco) justru dikabarkan ingin mendepak Shin Tae-yong dari kursi pelatih.


Di tengah spekulasi itu, Shin Tae-yong buka suara. Kepada Media Korea Selatan, Naver, juru taktik 52 tahun itu menegaskan bakal terus memimpin skuad Merah Putih setidaknya hingga kontraknya rampung.

"Masyarakat Indonesia itu luar biasa. Fans selalu meneriakan nama saya ketika masuk maupun keluar stadion. Itu bikin saya merinding," kata Shin Tae-yong.

"Saya ingin membalas dukungan dari mereka. Tidak ada penggemar seperti ini di mana pun. PSSI juga mengirimkan kepercayaan yang tak tergoyahkan [kepada saya--Red]," tambahnya.

Lebih jauh, Shin Tae-yong mengaku bakal menjalani libur singkat sebelum kembali memimpin Timnas Indonesia U-20 untuk menghadapi turnamen besar terutama Piala Dunia U-20 2023.

"Setelah liburan singkat, mulai 1 Februari, kami akan mulai mempersiapkan diri untuk Piala Dunia U-20 2023. Indonesia adalah negara tuan rumah," kata Shin Tae-yong.

"Saya akan melakukan yang terbaik untuk memenuhi harapan tersebut," tambahnya dikutip dari suara.com