Kisah Sang Mantan Bintang Manchester United, Jalani Hidup Sulit Usai Pensiun

Neil-Webb-2.jpg
(Twitter/Football Memories)

RIAU ONLINE - Neil Webb, sang mantan pemain Manchester United dan timnas Inggris, mengalami kehidupan yang sulit setelah pensiun dari dunia sepak bola.

Mantan pesepakbola dengan nama lengkap Neil Joh Webb yang lahir di Reading pada 30 Juli 1963 itu memulai karirnya di dunia sepak bola dengan bermain di Reading.

Kesuksesan kariernya didapatkan saat membela Nottingham Forest dan Manchester United. Di dua klub itu, ia meraih gelar Piala Liga Inggris, Piala FA, Piala Winners, hingga Piala Super Eropa.

Neil Webb juga mencatatkan 28 penampilan untuk Timnas Inggris dan mencetak empat gol. Webb juga merupakan bagian dari skuad Inggris yang mencapai semifinal Piala Dunia 1990.

Sayangnya, cedera dan kegagalan Inggris di Euro 1992 membuat nama Neil Webb seolah menghilang. Hingga akhirnya dia pindah ke klub kecil dan pensiun pada tahun 2000.


Siapa sangka? Mantan pesepakbola yang membela klub besar dan bermain untuk negara Inggris melanjutkan berkarir sebagai tukang pos. Usai membela Grimsby Town pada 1997, Webb sempat menjalani pekerjaan sebagai tukang pos setelah direkomendasikan seorang temannya

Ketika itu, Webb hanya perpenghasilan sekitar 220 poundsterling atau sekitar Rp 4,2 juta per pekan. Jumlah yang jauh berbeda dari penghasilannya saat menjadi pemain di klub besar. Webb bahkan menghebohkan sejumlah pelanggan yang mengenalnya.

"Butuh waktu lama bagi saya untuk berkeliling, ketika orang-orang mengetahui bahwa saya mengirimkan pos mereka, saya diundang untuk datang untuk minum kopi," ungkapnya seperti dimuat Daily Star, dikutip dari Suara.com, Selasa, 13 Desember 2022.

"Anda tidak akan melihat pemain sepak bola dari sepuluh tahun terakhir melakukannya. Mengingat upah pemain modern yang besar, kami sangat ragu kami akan melihat pemain Manchester United mengirimkan surat Anda," sambung Webb.

Kabar Webb menjadi seorang tukang pos menyebar setelah salah satu program "Where are They Now?".

Kini Webb tak lagi menjadi tukang pos. Webb saat ini bekerja di perusahaan transportasi dan beberapa kali diundang ke acara talkshow sebagai bintang tamu. Ia juga bekerja dengan Jaringan Televisi Score di Kanada sebagai koresponden sepak bola Inggris.