Timnas Argentina Gugur bila Dikalahkan Meksiko, Messi: Kami Harus Menang

Argentina4.jpg
(Fifa.com)

RIAU ONLINE, DOHA-Argentina akan melakukan laga hidup dan mati menghadapi Meksiko di matchday kedua Grup C Piala Dunia 2022, dan kapten Albiceleste Lionel Messi menegaskan timnya harus menang.

Sebagaimana diketahui, Argentina menelan hasil menyakitkan di laga perdana yang membuat Lionel Messi cs gigit jari.

Argentina membuat Arab Saudi menciptakan salah satu kejutan terbesar dalam sejarah Piala Dunia ketika kalah 1-2 dari negara berperingkat rendah itu, tepat ketika kapten dan pencetak gol terbanyak Lionel Messi mengawali misi merebut trofi yang belum pernah direngkuhnya, dalam putaran final Piala Dunia kelimanya tersebut.

Meksiko sendiri dibuat kecewa oleh Polandia, walau hasilnya tidak semenyakitkan Argentina kala menghadapi Saudi.

Tapi Meksiko beruntung imbang 0-0 melawan Polandia karena hampir senasib dengan Argentina jika tanpa aksi heroik kiper veteran Guillermo Ochoa.

Masalahnya dalam Piala Dunia, Meksiko tak pernah bisa menang melawan Argentina yang sudah tiga kali bertemu dalam atmosfer Piala Dunia, bahkan terakhir kali bertemu pada 2010 El Tari kalah 1-3.

Meskipun demikian, bukan statistik ini yang menjadi motivasi Argentina, melainkan situasi yang dihadapi Tim Tango saat ini. Kalah akan semakin mempermalukan mereka.

Pun demikian hasil seri yang mempersulit langkah ke babak knockout dan menciptakan ironis justru ketika menyandang predikat favorit juara.


"Kami harus menang," kata Messi seperti dikutip Antara dari Reuters.

"Tergantung kami apakah bisa harus memperbaiki kesalahan dan kembali ke dasar-dasar yang telah membentuk siapa kami," sambung pemain yang meraih tujuh penghargaan Ballon d'Or tersebut.

Dasar-dasar itu pula yang membawa Argentina mencatat rekor tak terkalahkan dalam 36 laga selama tiga tahun.

Sewaktu melawan Saudi, Argentina berulang kali masuk perangkap offside lawan, dan inilah yang mereka pelajari saat latihan menghadapi Meksiko.

Argentina akan fokus membangun garis pertahanan tinggi untuk memastikan kejadian tiga gol dianulir karena offside saat melawan Saudi tak lagi terulang.

Argentina juga berusaha merancang kembali sistem pertahanannya yang dengan mudah dua kali dirobek Saudi. Perubahan dalam formasi pengisi lini pertahanan adalah keharusan bagi Argentina agar gawang tidak lagi mudah dijebol lawan.

Titik-titik ini juga yang dipelajari betul-betul oleh Meksiko. Mereka harus cepat dan kuat menghadapi Argentina, serta tak boleh keliru mengumpan kawan.

Padahal pemain sayap sekelas Hirving Lozano pun musti diasah lagi dalam soal itu. Sewaktu menghadapi Polandia, Lozano berulang kali mengirimkan umpan silang, tetapi hampir selalu gagal menjadi peluang gol.

"Kami membutuhkan akurasi yang lebih banyak lagi," kata Gerardo Martino, pelatih Meksiko.

Itu salah satu resep yang harus diracik Meksiko untuk bisa menaklukkan Argentina yang tidak saja menjadi tiket ke 16 besar, namun juga menjadi fondasi untuk naik ke level lebih tingi karena sebelum ini Meksiko hanya bisa mencapai 16 besar Piala Dunia sejak 1994.

Tantangannya semakin besar lagi karena profil lawannya kali ini yang meraksasa, apalagi Argentina tengah bernafsu memburu gelar juara Piala Dunia ketiganya, ditambah ambisi Mesi yang ingin mengakhiri karir dengan sebuah Piala Dunia guna menyamai status keabadian mendiang Diego Maradona.

Argentina saat ini menempati dasar klasemen Grup C dengan nol poin, sementara Meksiko berada satu strip di atas Albiceleste dengan koleksi satu poin dikutip dari suara.com

Pertandingan Grup C Piala Dunia 2022 antara Argentina vs Meksiko akan digelar di Lusail Stadium, Minggu (27/11/2022).