Kiper Wales Dikartu Merah, Iran Cetak 2 Gol di Penghujung Laga

timnas-iran.jpg
(Twitter @iranteammelli)

RIAU ONLINE, DOHA-Kejutan terhadi di laga Timnas Iran dan Wales. Iran menang super dramatis 2-0 atas Timnas Wales pada laga matchday 2 Grup B Piala Dunia 2022 yang dihelat di Stadion Ahmed bin Ali, Qatar, Jumat (25/11/2022) petang WIB. Saat laga terlihat akan berakhir dengan skor kacamata, Iran mencetak sepasang gol telat di menit ke-90+8 dan 90+13'!

Dua gol Timnas Iran itu masing-masing dicetak Rouzbeh Cheshmi dan Ramin Rezaeian. Kemenangan ini pun membuka kans Team Melli --julukan Timnas Iran-- asuhan pelatih Carlos Queiroz untuk lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 usai di laga pertama Grup B dibantai Inggris 1-6.

Iran kini mengoleksi 3 poin dari dua laga di peringkat kedua klasemen sementara, kalah selisih gol dari Inggris yang baru sekali bermain.

Sementara itu, Timnas Wales belum meraih kemenangan dari dua pertandingan di grup ini. Dengan sekali seri dan sekali kalah, The Dragons --julukan Timnas Wales-- besutan Rob Page terpuruk di dasar klasemen dengan poin 1.

Di Stadion Ahmed bin Ali, kedua tim saling jual-beli serangan di 10 menit pertama pertandingan.

Di menit ke-12, striker Wales Kieffer Moore punya kans bagus untuk bikin gol. Akan tetapi, sontekan sang penyerang arahnya masih tepat di posisi berdiri kiper Iran Hossein Hosseini.


Iran sendiri berhasil mencetak gol di menit ke-15. Namun, gol yang dicetak Ali Gholizadeh tersebut dianulir VAR karena offside.

Setelah kedua tim lanjut saling serang, skor 0-0 sendiri tak berubah sampai half-time.


Masuk paruh kedua, Iran membuat pertahanan Wales kelabakan.

Menit ke-51, setidaknya ada dua percobaan dari Iran yang membentur tiang; bola tembakan Sardar Azmoun dari sebuah serangan balik dan tembakan Ali Gholizadeh dari luar kotak penalti.

Setelah itu, Iran praktis lebih agresif dalam menyerang, meski Wales di sisi lain masih cukup dominan dalam menguasai aliran bola.

Insiden besar terjadi di menit ke-85. Kiper Wales, Wayne Hennessey, membuat pelanggaran yang cukup mengerikan. Dia keluar dari sarangnya, lantas menghentikan striker Iran Mehdi Taremi dengan kaki yang terangkat cukup tinggi.


Wasit sempat memberikan Hennessy kartu kuning, namun setelah melihat monitor VAR, sang pengadil mengubahnya jadi kartu merah.

Petaka bagi Wales sendiri terjadi di injury time babak kedua. Sepakan keras gelandang jangkar Rouzbeh Cheshmi dari luar kotak penalti merobek jala gawang Wales yang kini dikawal kiper cadangan, Danny Ward.


Dan di detik-detik terakhir, serangan balik cepat Iran diakhiri finishing cantik Ramin Rezaeian untuk mengamankan kemenangan wakil Asia ini dengan skor 2-0!

Secara keseluruhan, Wales lebih menguasai ball possession yang mencapai 62 persen. Akan tetapi, Iran jauh lebih unggul dalam hal percobaan tembakan yang mencapai 21 dengan 6 yang on target.

Susunan Pemain:

Timnas Wales XI: Hennessey, Mepham, Rodon, Davies, Roberts, Ramsey, Ampadu, Wilson, Williams, Moore, Bale.


Pelatih: Rob Page (Wales)

Timnas Iran XI: Hosseini, Rezaeian, Pouraliganji, Hosseini, Mohammadi, Gholizadeh, Nourollahi, Afagh, Hajsafi, Azmou, Taremi.

Pelatih: Carlos Queiroz (Portugal)