Telat Panas, Pesta Gol Dimulai Menit 84, Belanda Kalahkan Senegal 2-0

Timnas-belanda6.jpg
(Twitter @OnsOranje)

RIAU ONLINE, DOHA-Telat panas, pesta gol dimulai menit 84, Belanda kalahkan Senegal 2-0. Timnas Belanda berhasil mengalahkan Senegal dalam matchday pertama Grup A Piala Dunia 2022, Selasa (22/11/2022) dini hari WIB.

Duel Senegal vs Belanda yang berlangsung di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar itu berakhir dengan skor 2-0 untuk kemenangan Tim Oranje --julukan Timnas Belanda.

Belanda dibuat susah payah oleh tim berjuluk Singa Teranga itu. Mereka baru mencetak gol kemenangan di menit-menit akhir lewat Cody Gakpo (84') dan Davy Klassen (90+9').

Kemenangan ini membuat Timnas Belanda untuk sementara menduduki peringkat pertama klasemen Grup A Piala Dunia 2022 dengan koleksi tiga poin dan selisih gol +2, setara dengan Ekuador di tempat kedua.

Sementara bagi Senegal, kekalahan ini membuat mereka untuk sementara menduduki peringkat ketiga di atas tuan rumah Qatar yang menduduki posisi buncit.

Jalannya Pertandingan

Senegal berinisiatif menekan Belanda sejak wasit membunyikan peluit tanda kick-off. Dua menit pertama, mereka mampu mengurung tim Oranje.

Belanda kemudian gantian meneror pertahanan Senegal. Mereka mendapat peluang emas pada menit ke-5 tetapi umpan silang Cody Gakpo di mulut gawang tidak mampu dijangkau Vincent Janssen.

Tiga menit kemudian, Senegal yang bermain tanpa Sadio Mane mengancam gawang Belanda. Namun, umpan silang Abdou Diallo terlepas dari kaki Pape Abou Cisse yang sudah berada di dalam kotak penalti.

Semenit berselang, giliran Ismaila Sarr meneror tim asuhan Louis van Gaal. Sayang, tembakkannya cuma melambung di atas mistar gawang Andries Noppert.

Belanda tampak kesulitan mengimbangi pressing ketat dan kecepatan serangan balik Senegal. Hingga 15 menit pertama, mereka belum mampu keluar dari tekanan.


Pada menit ke-18, Belanda melancarkan serangan balik cepat di mana Vincent Janssen melepaskan umpan tarik di dalam kotak penalti sambil terjatuh.

Bola kemudian dikuasai Frenkie de Jong yang hanya tinggal berhadap-hadapan dengan kiper. Namun, kontrol gelandang Barcelona itu terlalu lama hingga ruang melepaskan tembakkan ditutup rapat lini belakang Senegal.

Pada menit ke-25, Ismaila Sarr mendapatkan peluang berbahaya di mana dirinya menggiring bola dari sisi kiri lapangan sebelum melakukan cutting inside untuk melepaskan tembakkan keras yang masih mampu diblok lini belakang Belanda.

Dua menit berselang, Belanda balas menebar ancaman. Gakpo melepaskan umpan sepak pojok yang berhasil disambar Virgil van Dijk dengan sundulan yang sayangnya masih melebar jauh ke sisi kanan gawang tim asuhan Aliou Cisse.

Setelahnya, kedua tim saling jual beli serangan sebelum Belanda memiliki peluang emas pada menit ke-40 ketika Steven Berghuis mendapat kesempatan melepaskan tembakkan dari luar kotak penalti.


Namun, tendangan pemain milik Ajax Amsterdam itu masih melambung tipis di atas mistar gawang. Skor 0-0 pada akhirnya tak berubah hingga jeda.

Memasuki babak kedua, Belanda coba mengurung pertahanan Senegal. Gakpo membuat peluang pada menit ke-53 dengan mengirim umpan ke Van Dijk di muka gawang, tetapi sundulan bek Liverpool itu cuma melambung tipis di atas mistar gawang.

Senegal kemudian balik memberikan serangan di mana tekanan bertubi-tubi dilancarkan Sabaly, Diallo tetapi selalu mampu diblok oleh barisan pertahanan Tim Oranje.

Di menit ke-65, Belanda hampir saja kebobolan andai kiper Andries Noppert tidak melakukan penyelamatan krusial setelah Boulaye Dia melepaskan tembakkan keras dari sisi kanan kotak penalti usai memanfaatkan umpan dari Nampalys Mendy.

Pada menit ke-73 melalui serangan balik cepat, Senegal membuat jantung fans timnas Belanda berdegup kencang. Sarr memancing tiga bek Belanda sebelum melepaskan umpan ke Gueye yang kemudian melepaskan tembakkan keras darii luar kotak penalti tetapi masih mampu ditepis Noppert sebelum wasit mengangkat bendera karena Bamba Dieng dianggap offside dikutip dari suara.com

Belanda yang sejak babak pertama belum mencatatkan tembakkan tepat sasaran kemudian menggebrak pada menit ke-84. Frenkie de Jong melepaskan umpan lambung akurat dari sisi kiri lapangan yang kemudian disambut sundulan Gakpo yang mendahului upaya kiper Edouard Mendy meninju bola di kotak penalti.

Tertinggal 0-1 membuat Senegal tampil agresif. Mereka mengancam gawang Belanda dua menit kemudian lewat tendangan kaki kiri keras Pepe Gueye yang masih bisa ditepis Noppert.

Senegal beberapa kali coba membangun serangan pasca peluang berbahaya aitu. Namun, Belanda mampu meredam agresivitas mereka.

Alih-alih menyamakan kedudukan, Senegal yang fokus menyerang justru kecolongan. Lewat serangan balik cepat, Belanda mencetak gol kedua lewat Davy Klassen pada menit 90+9' untuk memastikan kemenangan tim asuhan Louis van Gaal dengan skor 2-0.

Susunan Pemain Senegal vs Belanda di Piala Dunia 2022

Senegal (4-3-3): Edouard Mendy; Youssouf Sabaly, Kalidou Koulibaly, Pape Abou Cisse, Abdou Diallo (Ismail Jakobs, 64'); Cheikhou Kouyate (Pape Gueye, 74'), Nampalys Mendy, Idrissa Gueye; Ismaila Sarr, Boulaye Dia (Bamba Dieng, 69'), Krepin Diatta (Nicolas Jackson, 74').

Pelatih: Aliou Cisse (Senegal).

Belanda (5-3-2): Andries Noppert; Denzel Dumfries, Matthijs de Ligt, Virgil van Dijk, Nathan Ake, Daley Blind; Frenkie de Jong, Steven Berghuis (Teun Koopmeiners, 79'), Cody Gakpo (Marten de Roon, 90+4'); Vincent Janssen (Memphis Depay, 62'), Steven Bergwijn (Davy Klaassen, 79').

Pelatih: Louis van Gaal (Belanda).