Napoli Melaju ke-16 Besar Liga Champions setelah Kalahkan Ajax 4-2

Napoli4.jpg
(ANTARA/AFP/FILIPPO MONTEFORTE)

RIAU ONLINE, NAPLES-Napoli Melaju ke-16 Besar Liga Champions setelah Kalahkan Ajax 4-2.

Napoli lolos ke 16 besar Champions League meski babak penyisihan grup masih tersisa dua matchday setelah berpesta gol ke gawang Ajax Amsterdam, Kamis (13/10/2022) dini hari WIB.

aga Napoli vs Ajax tersaji dalam matchday keempat Grup A Champions League 2022-2023. Dalam pertandingan di Stadion Diego Armando Maradona, Naples itu, Partenopei menghancurkan tamunya dengan skor 4-2.

Empat gol Napoli masing-masing dicetak oleh Hirving Lozano, Giacomo Raspadori, Khvicha Kvaratskhelia dan Victor Oshimen, sedangkan dua gol Ajax dicetak oleh Davy Klaassen dan Steven Bergwijn.

Kemenangan ini memastikan Napoli menjadi tim pertama dari Grup A yang lolos ke babak 16 besar Champions League 2022-2023.

Napoli menyapu bersih empat pertandingan dengan empat kemenangan dan unggul tiga poin di atas Liverpool, sedangkan Ajax tertahan pada peringkat tiga dengan tiga poin dari empat laga.

Jalannya Pertandingan

Pada menit keempat, Napoli sudah membuka keunggulan. Pergerakan Lozano dari sisi kanan membuatnya bemain satu dua dengan Piotr Zielinski. Lozano menuntaskan umpan dari rekannya itu dengan sundulan untuk mengubah kedudukan 1-0.


Ajax merespons pada menit ke-9 melalui beberapa serangan. Mulai dari tendangan Steven Bergwijn yang berhasil diselamatkan kiper Alex Meret, sampai tendangan jarak jauh Steven Berghuis yang masih melambung di atas gawang.

Pada menit ke-13 Ajax mendapatkan kesempatan lagi, namun kali ini dari situasi yang lebih terbuka.


Mohammed Kudus yang sudah cukup dekat dengan gawang melepas tendangan mendatar, tetapi laju bola melenceng terlalu jauh dari gawang Napoli.

Napoli menggandakan keunggulan pada menit ke-16. Aksi Khvicha Kvaratskhelia diakhiri dengan umpan matang kepada Giacomo Raspadori. Lewat satu gerakan, pemain timnas Italia itu lalu menendang bola yang tidak bisa dihentikan Remko Pasveer.

Selepas turun minum, Ajax yang langsung memegang kendali permainan berhasil mencetak gol pada menit ke-49.

Berawal dari umpan silang Calvin Bassey di sisi kiri, Klaassen menyundul bola dengan keras dan membuat Ajax menipiskan ketertinggalan menjadi 1-2.

Napoli merespons ketika pada menit ke-57, tuan rumah nyaris menambah keunggulan melalui aksi Victor Osimhen yang baru masuk tujuh menit sebelumnya. Namun, sundulannya melambung di atas mistar.

Napoli akhirnya berhasil mencetak gol ketiga pada menit ke-61 melalui titik putih. Handball bek kanan Ajax Jurien Timber dikonfirmasi VAR. Kvaratskhelia yang maju sebagai eksekutor sukses menaklukkan Pasveer.

Pertandingan kembali berjalan terbuka dengan kedua tim saling serang, namun seperti pada babak pertama, upaya serangan kedua tim sulit dikonversi menjadi gol.

Baru pada menit ke-74, Napoli membuat peluang emas lagi. Lozano yang menusuk dari sisi kanan melepas tembakan mendatar keras yang bisa dihentikan Pasveer.

Napoli menggetarkan lagi gawang Ajax pada menit ke-76 tetapi gol Osimhen dianulir wasit karena berbau offside.

Ajax mendapatkan kans emas untuk mencetak gol setelah wasit memberikan hadiah penalti. Bek tengah Napoli Juan Jesus melanggar Brian Brobbey di kotak terlarang dikutip dari suara.com

Bergwijn yang maju sebagai eksekutor sukses menunaikan tugasnya dengan sangat baik pada menit ke-83. Kedudukan berubah 3-2.

Napoli mengakhiri perlawanan Ajax dengan gol keempatnya pada menit ke-89. Osimhen akhirnya berhasil mencetak gol setelah merebut bola dari penguasaan Daley Blind untuk menceploskannya ke gawang kosong.


Pertandingan berakhir untuk kemenangan 4-2 Napoli atas tim Belanda tersebut, demikian Antara.

Susunan Pemain Napoli vs Ajax

Napoli (4-3-3): Alex Meret; Giovanni Di Lorenzo, Juan Jesus, Kim Min-Jae, Mathias Olivera; Andre-Frank Zambo Anguissa (Tanguy Ndombele 50’), Stanislav Lobotka, Piotr Zielinski (Gianluca Gaetano 88’); Hirving Lozano (Matteo Politano 77’), Giacomo Raspadori (Victor Osimhen 50’), Khvicha Kvaratskhelia (Eljif Elmas 77’).

Ajax Amsterdam (4-3-3): Remko Pasveer; Jorge Sanchez (Youri Baas 65’), Jurrien Timber, Calvin Bassey, Daley Blind; Davy Klaassen, Edson Alvarez, Kenneth Taylor (Florian Grillitsch 64’); Mohammed Kudus (Brian Brobbey 65’), Steven Berghuis (Chico Conceicao 84’), Steven Bergwijn (Lucas Ocampos 84’).