Negaranya Panas, Qatar Tanam Rumput "Super" dari Amerika untuk Piala Dunia 2022

Stadion-Al-Bayt2.jpg
(AFP)

RIAU ONLINE, DOHA-Negaranya Panas, Qatar Impor rumput 'super' dari amerika untuk Piala Dunia 2022.

Piala Dunia 2022 Qatar bisa jadi akan banyak yang membuat publik dunia mengaga. Sebab ini merupakan Piala Dunia musim panas di saat belahan dunia utara musim dingin.

Sehingga penyesuaian cuaca terus menjadi sorotan. Termasuk rumput yang dipakai di lapangan stadion di Qatar. Perlu rumput super yang harus dipakai.

Untungnya bagi Qatar itu bukan soal besar. Negara penghasil minyak itu impor rumput super dari Amerika Serikat.

Diklaim rumput ini yang terbaik.

Dikutip dari ESPN, benih rumput Amerika Serikat itu diklaim bisa menahan panasnya cuaca Qatar. Bahkan pihak pengimpor bilang jika itu merupakan benih terbaik.

 


Salah satu stadion yang ditaburi benih rumput super itu di Stadion Al Bayt. Stadion Al Bayt akan dipakai untuk laga pembuka Qatar melawan Ekuador pada 20 November 2022.

Rumput itu juga akan ditaburkan di Stadion Lusail yang berkapasitas 80.000. Stadion ini baru dibuka.

Dengan Piala Dunia kurang dari tiga bulan lagi, sumber mengatakan kepada ESPN bahwa penyelenggara turnamen akan mulai menghapus permukaan lapangan dan mulai menabur benih rumput lapangan di tujuh stadion baru dan Stadion Internasional Khalifa.

Rumput akan mulai ditanam pekan depan.

Benih rumput ini dikembangkan perusahaan yang berbasis di Georgia.

FIFA telah menginstruksikan penyelenggara Qatar 2022 untuk menggunakannya untuk bermain di semua stadion dan tempat latihan.

“Benih rumput Amerika memberi Anda permukaan bermain yang lebih kuat,” David Graham dari Aspire Turf, yang bertanggung jawab atas lapangan Qatar 2022, mengatakan kepada ESPN.

"Dengan iklim dan kondisi di Qatar, lapangan permainan tidak akan bertahan tanpa benih rumput yang tepat. Mulai pekan depan dan seterusnya, kami akan mulai keluar dari lapangan yang sudah ada dan menyemai semuanya agar siap untuk turnamen pada bulan November."

La'eeb, Maskot Piala Dunia 2022 Qatar (Twitter)

La'eeb, Maskot Piala Dunia 2022 Qatar (Twitter)


Tak hanya canggih di rumput, semua stadion Qatar akan dilengkapi dengan AC. AC akan mendinginkan ruangan stadion selama pertandingan.

Bahkan lapangan bola ini akan dilengkapi dengan AC dikutip dari suara.com