Hasil Piala AFF U-16 2022: Timnas Indonesia U-16 Lumat Singapura 9 Gol Tanpa Balas

Timnas-U-16-2.jpg
(ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/wsj.)

RIAU ONLINE, YOGYAKARTA-Timnas Indonesia U-16 membantai Singapura sembilan gol tanpa balas di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (3/8/2022) malam WIB di laga kedua Grup A Piala AFF U-16 dengan 

Kemenangan ini membuat Timnas Indonesia U-16 naik ke puncak klasemen sementara Grup A dengan mengoleksi enam poin dari dua laga. Perolehan tersebut sama dengan yang dikumpulkan Vietnam, namun Garuda Asia unggul selisih gol.

Timnas Indonesia U-16 akan melawan Vietnam dalam laga pamungkas Grup A di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (6/8/2022). Kemenangan wajib didapat agar bisa lolos sebagai juara grup.

Jalannya Pertandingan

Timnas Indonesia U-16 langsung menggebrak sejak pertandingan dimulai. Tekanan langsung dilancarkan tim Merah Putih.

Di menit ketiga Timnas Indonesia U-16 sudah mencetak gol ke gawang Singapura. Aksi individu Nabil Asyura mengecoh pemain lawan diakhiri dengan sontekan mendatar ke gawang Singapura.

Unggul satu gol, Timnas Indonesia U-16 semakin semangat melancarkan serangan di babak pertama ini menambah keunggulan.

Gol kedua pun akhirnya terjadi pada menit ke-16 yang membuat Indonesia unggul 2-0. Azzaky Esa Erlangga melepaskan umpan silang yang diterima dengan baik oleh Nabil Asyura dengan langsung menyundul bola ke dalam gawang Singapura.

Tidak butuh waktu lama bagi Indonesia mengubah skor menjadi 3-0. Memasuki menit 20, umpan Nabil diselesaikan dengan bagus oleh Hanif Ramadhan lewat tendangan indahnya dari luar kotak penalti.


Sembilan menit berselang, Nabil kembali menambah keunggulan Timnas Indonesia menjadi 4-0 usai menerima umpan mematikan. Ini merupakan gol ketiga bagi sang pemain di pertandingan ini.

Memasuki menit ke-35, Timnas Indonesia U-16 kembali mengubah papan skor menjadi 5-0. Kali ini giliran Kafiatur Rizky mencatatkan namanya di papan skor.

Usaha menambah gol terus dilakukan Timnas U-16. Alhasil, upaya tim Merah Putih berhasil setelah Kafiatur Rizky mencetak gol kedua sekaligus mengubah skor menjadi 6-0 yang bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua Timnas Indonesia U-16 nampak tidak mengendurkan serangan. Terlihat, tim asuhan Bima Sakti ingin menambah gol lewat tekanan-tekanan yang dilakukan.

Di menit ke-59 Riski Afrisal mengubah skor menjadi 7-0 usai tendangan jarak jauhnya gagal dibendung kiper Singapura.

Singapura hampir tidak ada peluang di laga ini. Tim asuhan Angel Toledano Flores nampak sangat sulit menembus pertahanan Timnas Indonesia U-16.

Justru Timnas Indonesia U-16 yang menambah keunggulan menjadi 8-0. Melalui titik putih, Waliy Marifad berhasil memasukkan bola ke dalam gawang.

Masih belum puas, Timnas Indonesia U-16 membuat skor menjadi 9-0. Berawal dari antisipasi kurang sempurna kiper Singapura, Komang Ananta yang mendapat bola bisa dengan mudah memasukkannya ke gawang dikutip dari suara.com

Gol tersebut sekaligus mengakhiri pertandingan. Timnas Indonesia U-16 menang dengan skor sangat telak 9-0.

Susunan pemain

Singapura (4-4-2): Efan Qiszman Bin Azman; Hadirul Harraz Bin Abdul Rahim, Muhammad Saddiq Bin Mansor, Kegan Phang Jun, Ilham Iskandar; Jovan Ang, Jonan Tan En Yuan, Muhammad Rasul Bin Ramli, Sahoo Garv; Muhammad Qaisy Bin Noranzor, Matthias Josaphat Koesno.

Pelatih: Angel Toledano Flores.

Timnas Indonesia U-16 (4-3-3): Andrika Fathir Rachman; Rizdjar Nurviat Subagja, Mohammad Andre Pangestu, Muhammad Ridho Al Ikshan, M Iqbal Gwijangge; Mokh Hanif Ramadhan, Muhammad Kafiatur Rizky, Azzaky Esa Erlangga; Arkhan Kaka Putra, Muhammad Nabil Asyura, Riski Afrisal.

Pelatih: Bima Sakti.