Gol Erling Haaland Bawa Norwegia Kalahkan Serbia, Swedia Tekuk Slovenia

Erling-Haaland-Timnas-Norwegia.jpg
(pertanVia Suara.com/ANDREJ ISAKOVIC / AFP)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Gol Erling Haaland membawa Norwegia secara mengejutkan menang 1-0 atas Serbia di UEFA Nations League.

Tapi dalam pertandingan Grup B4 Nations League pada Kamis itu Norwegia juga harus mengandalkan kiper Orjan Nyland yang tampil heroik mengamankan kemenangan timnya.

Tim tamu memimpin pada menit ke-26 ketika Martin Odegaard mengiris pertahanan lawan lewat umpan indah yang menemui kaki Marcus Pedersen.

Pedersen lalu meneruskan bola kepada Haaland yang dengan cekatan disambut dengan tendangan voli dari jarak dekat sebagai satu-satunya peluang emas tepat sasaran pada babak pertama yang juga gol satu-satunya dalam laga tersebut.

Serbia mendominasi penguasaan bola dan membuat pertahanan Norwegia terus tertekan pada babak kedua, tetapi Nyland melakukan serangkaian penyelamatan menawan untuk memastikan clean sheet timnya dan sekaligus mengamankan tiga poin Norwegia.


Serbia menjamu Slovenia pada Minggu, sementara Norwegia menghadapi Swedia yang sesama Skandinavia di Stockholm, demikian Reuters seperti dimuat Antara.

Swedia Taklukkan Slovenia 2-0

Di laga lain, gol dari penalti babak pertama yang dibuat Emil Forsberg dan gol dari aksi solo yang luar biasa yang dicetak Dejan Kulusevski membuat Swedia mengawali kampanye Nations League dengan baik setelah mengalahkan Slovenia 2-0.

Pada laga di Grup B4 di Ljubljana pada Kamis malam waktu setempat, bola sundulan Alexander Isak membentur tiang gawang pada awal pertandingan ketika Swedia mengawali pertandingan di kandang lawan ini dengan kuat.

Mereka kemudian memimpin pada menit ke-39 ketika Forsberg dengan tenang mengonversi tendangan penalti setelah Viktor Claesson dilanggar pemain Slovenia.

Kulusevski hampir menggandakan keunggulan Swedia ketika laga memasuki waktu satu jam dengan memotong dari kanan dan melepaskan tembakan melengkung nan cemerlang, tetapi Jan Oblak membuat penyelamatan satu tangan yang luar biasa untuk menepis bola sehingga cuma bisa menghasilkan tendangan penjuru.

Kulusevski berupaya lebih baik pada menit ke-88 dengan melepaskan serangan balik sendirian dan melesakkan bola dari sudut ketat untuk mengamankan kemenangan Swedia menjelang pertandingan kandang melawan Norwegia pada Minggu dikutip dari suara.com

Slovenia sendiri selanjutnya bertandang ke Beograd untuk menjajal Serbia dalam pertandingan Nations berikutnya.