3 Pemain Dikartu Merah, Timnas U-23 Alami Krisis Pemain Hadapi Malaysia

Timnas-U-23-9.jpg
(Via suara.com/ANTARA FOTO/Zabur Karuru/YU)

RIAU ONLINE, HANOI-Timnas Indonesia U-23 mengalami kriris pemain saat berhadapan dengan Malaysia dalam perebutan medali perunggu SEA Games 2021, Minggu (20/5/2022). Sebabnya, banyak pemain absen di laga tersebut.

Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, dan Firza Andika telah dipastikan absen. Ketiga pemain ini harus menjalani hukuman usai mendapat kartu merah saat kalah dari Thailand 0-1 dalam laga semifinal, Kamis (19/5/2022).

Belum lagi kondisi Egy Maulana Vikri yang meragukan. Sebab, winger andalan Timnas Indonesia itu ditarik keluar di tengah jalannya pertandingan melawan Thailand karena mengalami cedera.

Tidak sampai di sana, Elkan Baggott yang didaftarkan dalam kejuaraan ini belum juga hadir. Dilaporkan, pemain keturunan Inggris-Indonesia itu sedang cedera sehingga tidak memungkinkan buat bergabung.

Itu berarti, kini hanya tinggal 15 pemain saja yang siap dimainkan untuk menghadapi Malaysia di mana dua orang adalah penjaga gawang. Sebab, hanya ada 20 pemain terdaftar untuk ikut serta dalam SEA Games 2021.

Melihat posisi yang ditinggalkan pemain-pemain tersebut masih terbilang aman. Pasalnya, Pelatih Shin Tae-yong memiliki pemain lain di posisi serupa.


Memang, Ricky Kambuaya dan Egy Maulana Vikri memiliki peran cukup penting di Timnas Indonesia U-23. Namun, penggantinya juga tidak kalah hebat.

Masalahnya adalah, Shin Tae-yong minim pemain pengganti saat berhadapan dengan Malaysia nanti. Nanti hanya ada empat pemain duduk di bangku cadangan satu adalah kiper.

Untuk posisi penjaga gawang, ada kemungkinan Shin Tae-yong menurunkan Adi Satryo untuk menggantikan Ernando Ari Sutaryadi demi jam terbang. Di posisi bek kembalinya Asnawi Mangkualam usai hukuman akumulasi kartu kuning tentu menjadi angin segar.

Asnawi bakal dibantu oleh Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho, dan Alfeandra Dewangga. Untuk posisi gelandang, absennya Ricky Kambuaya, bisa diganti oleh Syahrian Abimanyu.

Abi --sapaan Syahrian Abimanyu-- bakal dibantu wonderkid Persebaya Surabaya Marselino Ferdinan serta gelandang naturalisasi Marc Klok. Di posisi penyerang Saddil Ramdani akan menggantikan peran Egy yang cedera.

Lalu, Witan Sulaeman dan Irfan Jauhari kemungkinan masih dipercaya Shin Tae-yong di lini depan bersama Saddil Ramdani. Bisa jadi juru formasi asal Korea Selatan itu memainkan Muhammad Ridwan atau Ronaldo Kwateh dikutip dari suara.com

Berikut perkiraan susunan pemain Timnas Indonesia U-23 untuk menghadapi Malaysia

Timnas Indonesia U-23 (4-3-3): Adi Satryo; Asnawi Mangkualam, Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga; Marc Klok, Marselino Ferdinan, Syahrian Abimanyu; Witan Sulaeman, Muhammad Ridwan, Saddil Ramdani.

Cadangan: Ernando Ari, Rio Fahmi, Ronaldo Kwateh, Irfan Jauhari.