Timnas Indonesia U-23 Gunduli Filipina 4-0 di SEA Games 2021

Timnas-U-23-7.jpg
(Via suara.com/ ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa.)

RIAU ONLINE, HANOI-Timnas Indonesia U-23 berhasil mengalahkan Filipina di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, Jumat (13/5/2022). Di laga matchday ketiga Grup A SEA Games 2021, Indonesia menang telak dengan skor 4-0.

Dengan tambahan tiga poin, Timnas Indonesia U-23 saat ini mengantongi enam poin dari tiga laga dan beranjak ke posisi dua klasemen sementara Grup A.

Jalannya Pertandingan

Menghadapi Filipina, Timnas Indonesia U-23 yang bertekad meraup tiga poin tampil offensif sejak peluit dibunyikan.

Peluang pertama bagi anak-anak asuh Shin Tae-yong datang di menit ke-5. Sayang, sodoran bola yang dilepaskan Witan Sulaeman ke depan gawang gagal disambar para penggawa Garuda.

Memasuki menit 13, Egy Maulana Vikri berhasil menjebol gawang Filipina. Akan tetapi gol tersebut tidak sah mengingat Egy sudah lebih dulu terjebak offside.

Tiga menit berselang, peluang kembali didapat Witan. Tapi kali ini, bola hasil sepakan kerasnya berhasil dibendung oleh penjaga gawang Filipina Quincy Kammeraad.


Namun keberuntungan Filipina berakhir di menit 17. Menyambut umpan terukur dari Egy Maulana Vikri, Muhammad Ridwan mengubah papan skor menjadi 1-0.

Melewati tiga pemain, Ricky Kambuaya menyodorkan bola kepada Egy yang tidak terkawal di sisi kanan dan membuat barisan belakang Filipina panik. Sayang, peluang tersebut kandas, setelah umpan yang dilepaskan Egy ke depan gawang terlalu lemah dan berhasil dibuang pemain lawan.


Peluang Indonesia untuk menggandakan keunggulan kembali datang di menit 31. Lolos dari kawalan, Egy Maulana Vikri menyodorkan bola kepada Witan.

Witan berhasil melewati penjaga gawang Filipina, namun bola yang tengah menggelinding di mulut gawang berhasil dibuang oleh bek lawan.

Filipina tidak tinggal diam. Serangan balik yang dilancarkan mampu membuat repot barisan belakang Indonesia.

Seperti yang terjadi di menit 40, di mana mereka memaksa Ernando Ari untuk keluar dari sarangnya untuk menyelamatkan gawang.

Di menit 44, Filipina yang mulai berani keluar menyerang kembali kebobolan. Lewat skema tendangan bebas, umpan yang dikirimkan Abimanyu sukses ditanduk Rizky Ridho ke dalam gawang. Indonesia menutup babak pertama dengan skor 2-0.

Pergantian pemain dilakukan pelatih Shin Tae-yong di awal babak kedua. Abimanyu dan Ridwan ditarik keluar, sebagai gantinya Shin memasukkan Marselino Ferdinan dan Irfan Jauhari.

Di babak kedua ini, Indonesia tetap mendominasi jalannya laga. Sejumlah peluang di dapat, namun gagal dikonversi menjadi gol. Seperti yang didapat Marc Klok di menit 50.

Filipina nyaris memangkas jarak di menit 57 jika saja bola hasil tendangan keras Bedic tidak dimentahkan mistar gawang.

Indonesia berhasil menjauh di menit 74. Kali ini giliran Egy Maulana Vikri yang mencatatkan namanya di papan skor. Indonesia memimpin 3-0.

Di menit 80, Egy ditarik keluar dan digantikan oleh Ronaldo Kwateh. Begitu juga dengan Marc Klok yang digantikan Irianto.

Peluang emas didapat Indonesia di menit 83 setelah Ronaldo dijatuhkan lawan di kotak penalti. Marselino Ferdinan yang maju sebagai algojo tidak mensia-siakan peluang tersebut dan mengunci kemenangan Timnas Indonesia 4-0.

Susunan Pemain:

Timnas Indonesia (4-3-3): Ernando Ari (PG); Asnawi Mangkualam, Rizki Ridho, Fachrudin Aryanto, Alfeandra Dewangga; Marc Klok, Syahrian Abimanyu, Ricky Kambuaya; Witan Sulaeman, Muhammad Ridwan, Egy Maulana.

Filipina (4-5-1): Quincy Kammeraad (PG); Christian Rontini, Enrique Linares, Jaime Rosquillo, Miguel Mendoza; Oliver Bias, Oskari Kekkonen, Scott Woods, Dennis Chung, Yrick Gallantes; Jovin Bedic.