Permak Newscastle 4-0, City Makin Kokoh di Puncak Klasemen

Manchester-city6.jpg
([OLI SCARFF / AFP])

RIAUONLINE, MANCHESTER-Permak Newscastle 4-0, City makin kokoh di puncak klasemen liga Inggris. Manchester City mengalahkan tuan rumah Newcastle Unitedpada laga pekan ke-18 Liga Inggris 2021/2022 di St. James' Park, Minggu (19/12/2021) malam WIB.

Manchester City mencetak gol pembuka pada menit kelima ketika Cancelo mengirimkan umpan silang akrobatik kepada Ruben Dias untuk diteruskan masuk ke gawang yang kosong dengan sundulan, setelah miskomunikasi antara kiper Newcastle Martin Dubravka dan bek Ciaran Clarke.

Cancelo menggandakan kedudukan City pada menit ke-27 setelah menusuk dari sayap kanan dan menutup solo run dengan tendangan menakjubkan guna membungkam penonton tuan rumah.

Newcastle gagal mendapatkan tendangan penalti padahal sepertinya itu jelas penalti saat waktu pertandingan menunjukkan tepat setengah jam, ketika kiper City Ederson menabrak Ryan Fraser. Akan tetapi baik wasit Martin Atkinson maupun VAR memutuskan sebaliknya.

Meskipun memulai babak kedua dengan sepasang penyelamatan menawan yang dilakukan Dubravka, Newcastle semakin kedodoran ketika Riyad Mahrez menyambut umpan silang Kevin De Bruyne dari sayap kiri dengan tendangan voli pada menit ke-63, untuk mencetak gol ke-50 yang dia kemas di Liga Inggris.

Newcastle sudah memasukkan pemain cadangan Allan Saint-Maximin sejak babak pertama untuk menggantikan Joe Willock, tetapi tim tuan rumah hanya berhasil membuat sebuah upaya tepat sasaran selama 90 menit bermain, yakni dari sundulan jarak dekat Callum Wilson yang memaksa Ederson membuat penyelamatan satu tangan yang luar biasa.

Penampilan ngotot Raheem Sterling di sayap membuahkan hasil pada menit ke-86, ketika Gabriel Jesus mengarahkan bola melintasi gawang untuk disambut Sterling dengan mencetak gol keempat sekaligus gol penutup City di partai ini.



Performa dominan membuat City mantap di puncak klasemen dengan 44 poin, atau empat angka di atas Liverpool yang berada pada posisi kedua.

City kini juga unggul enam poin di atas Chelsea yang tetap di urutan ketiga setelah ditahan imbang 0-0 tuan rumah Wolves pada laga yang dimainkan bersamaan.

Ekspresi kekecewaan gelandang serang Chelsea, Mason Mount pada laga Liga Inggris kontra Wolves di Molineaux Stadium, Wolverhampton, Minggu (19/12/2021) malam WIB. [LINDSEY PARNABY / AFP]

Ekspresi kekecewaan gelandang serang Chelsea, Mason Mount pada laga Liga Inggris kontra Wolves di Molineaux Stadium, Wolverhampton, Minggu (19/12/2021) malam WIB. [LINDSEY PARNABY / AFP]

Ya, ambisi Chelsea menjuarai liga musim ini kembali mendapat pukulan setelah ditahan imbang tanpa gol oleh Wolves di Molineaux Stadium, Minggu malam.

Chelsea sendiri tak mampu menciptakan banyak peluang di Molineaux dan jarang membuat masalah pada kiper Wolves, Jose Sa.

Tim tuan rumah nyaris memecahkan kebuntuan ketika Daniel Podence mengirim masuk bola ke gawang Chelsea, tetapi dianulir karena striker Raul Jimenez offside sebelum gol tercipta dikutip dari suara.com

Sebelum kick-off, Chelsea yang hanya menyisakan enam pemain di bangku cadangan, termasuk dua penjaga gawang setelah tujuh orang terinfeksi COVID-19 sehingga mengurangi kekuatan skuadnya, sejatinya sempat meminta agar otoritas Liga Inggris menunda pertandingan ini.

Akan tetapi, request mereka itu ditolak dan pertandingan tetap berlangsung. Manajer Thomas Tuchel mengatakan Chelsea "marah" pada keputusan untuk terus bertanding yang dia anggap "sulit sekali dipahami".