Ditinggal Messi, Barcelona Diprediksi Bakal Sulit Cari Sponsor

messi21.jpg
(Paris Saint-Germain FC)

RIAUONLINE - Kepergian Lionel Messi dari Barcelona diprediksi akan menghantam finansial klub Catalonia tersebut, karena tanpa sosok pemain terbaik dunia yang 'menyihir' pecinta sepak bola, para sponsor bakal berpikir ulang untuk bekerja sama dengan klub pimpinan Joan Laporta tersebut.

Barcelona harus bertindak cepat dan cerdas untuk memerangi efek dari keputusan yang saat ini telah membuat nilai merek Los Cules turun sebesar 11 persen.

Pendekatan klub untuk hubungan komersial dan kesepakatan harus berubah karena mereka tidak bisa lagi mengandalkan Messi untuk membuat sponsor senang dan tertarik.

"Mulai sekarang, untuk mempertahankan sponsor, penampilan tim akan lebih penting daripada nama, tetapi jelas bahwa kepergian Messi akan memiliki konsekuensi bagi klub dalam hal sponsor," kata Marc Ciria, pakar keuangan Barcelona yang juga menjabat sebagai GM Diagonal Inversiones.

"Sekarang mereka harus memenangkan [beberapa] Liga Champions (untuk mendulang uang) karena satu pemain (Messi) tidak akan lagi menghasilkan uang yang cukup untuk Barcelona," sambungnya seperti dilansir Marca, Selasa (10/8/2021)

Ciria menekankan bahwa, tanpa Messi, citra Barcelona telah berubah di mata sponsor dan strategi yang berbeda akan diperlukan. Di antaranya adalah berprestasi dengan memenangkan trofi.

"Kinerja olahraga mereka akan menjadi kunci untuk mempertahankan sponsor," kata Ciria.

"Messi memberi mereka sebuah cerita dan sekarang mereka dibiarkan tanpa itu."


"Dalam jangka menengah mereka harus beralih ke tokoh lain dari La Masia, seperti Ansu Fati, bahkan jika mereka tidak berada di level Messi."

Ini adalah ironi yang menyakitkan bagi Barcelona bahwa keuangan mereka tidak memungkinkan mereka untuk mempertahankan Messi. Namun kehilangan Messi justru memperburuk situasi.

Diperkirakan, selama ini Messi menghasilkan sekitar sepertiga dari pendapatan langsung dan tidak langsung Barcelona FC.

Artinya, kepergian Messi menjadi tantangan besar bagi presiden Barcelona Joan Laporta untuk mempertahankan pendapatan klub dari sponsor pada level saat ini, yaitu sebesar 180 juta euro per tahun.

Target presiden adalah mempertahankan angka itu selama dua tahun dan kemudian pada tahun ketiga masa jabatannya meningkatkannya menjadi 200 juta euro.

Mencapai hal tersebut di atas sangat penting bagi masa depan klub. Hanya saja, melakukannya tanpa Messi mungkin merupakan misi yang mustahil.

Ciria juga mengungkapkan bahwa beberapa sponsor Barcelona memiliki "klausul Messi" yang dapat membuat mereka mengurangi atau menarik investasi mereka tanpa kehadiran bintang asal Argentina itu.

Hambatan besar pertama untuk bernavigasi di dunia komersial pasca-Messi untuk Barcelona mungkin adalah kesepakatan dengan sponsor kaos Rakuten, yang kontraknya saat ini berakhir pada Juni 2022.

Perusahaan perdagangan elektronik akan membayar klub 30 juta euro plus insentif- berbasis add-on untuk 2021/22, tetapi Barcelona berharap untuk kembali ke tingkat sponsor pra-pandemi untuk musim berikutnya.

Sekali lagi, tanpa Messi, perusahaan mungkin enggan berpisah dengan angka di kisaran 55 juta euro untuk tampil di jersey Blaugrana.

Negosiasi dengan Rakuten mengenai pembaruan telah dimulai, tetapi klub juga tertarik untuk mendengar tawaran lain.

Sayangnya, waktu tidak berpihak pada Barcelona. Karena produsen apparel Nike telah memberi mereka tenggat waktu hingga Oktober untuk mengetahui sponsor utama apa yang akan muncul di jersey klub mulai Juli 2022.

Lionel Messi sendiri dikabarkan sudah mencapai kesepakatan dengan PSG. Messi akan meneken kontrak berdurasi dua tahun bersama klub kaya asal Prancis tersebut.

Artikel ini sudah tayang di SUARA.com