Pesepak Bola Terkenal "Cuma" Beri Upahnya 3 Hari Bekerja untuk Covid-19

Petugas-menggunakan-APD.jpg
(AFP)

RIAU ONLINE, BARCELONA-Pesepak bola beramai-ramai menyumbangkan uangnya untuk membeli APD dan untuk upaya menemukan vaksin corona. Tindakan yang sama juga dilakukan bintang Barcelona, Lionel Messi. Messi turut berperan dalam melawan virus corona atau Covid-19 yang sedang mewabah di dunia, khususnya di Spanyol dan Argentina.

Tidak tanggung-tanggung, Lionel Messi menyumbang satu juta euro atau sekitar Rp 17,7 miliar ke pusat medis di Barcelona dan Argentina.

Sumbangan tersebut tentu digunakan untuk membeli peralatan kesehatan demi melawan pandemi virus corona yang telah menyerang hampir semua negara di belahan dunia.

Pihak klinik, sebagai bentuk transparansi, akan mengomunikasikan kepada Lionel Messi dan para donatur lain ke mana saja sumbangan mereka dipakai dan hasil apa yang telah dicapai.

Lionel Messi: Pemain Minta Gaji Dipotong untuk Membantu Pekerja ...

Messi


 

Leo Messi telah memberikan sumbangan dalam perjuangan melawan Covid-19 di Hospital Clinic. Terima kasih banyak Leo untuk komitmen dan dukungan Anda," tulis Hospital Clinic Barcelona di Twitter.

Namun, sumbangan tersebut ternyata hampir setara dengan gaji tiga hari Lionel Messi. Melansir dari France Football, pendapatan per tahun Messi terlihat luar biasa jika dirupiahkan. Catatan tersebut dihitung dari gaji kotor bersama Barcelona ditambah dengan uang yang didapatkan dari sponsor dan bonus.

Adapun pendapatan kapten timnas Argentina itu dalam setahun mencapai 131 juta euro atau sekitar 2,28 triliun dalam kurs rupiah. Lebih rinci, dalam sebulan Lionel Messi mendapatkan Rp 192 miliar, Rp 6,4 miliar per hari, Rp 4,4 juta per menit atau Rp 74.000 per detik.

Angka pendapatan tersebut juga mengungguli perolehan per tahun dari Cristiano Ronaldo (118 juta euro), Neymar (95 juta euro), Gareth Bale (38), dan Antoine Griezmann (38). Jika dikaitkan dengan sumbangan raksasa Lionel Messi guna melawan pandemi virus corona, dia hanya butuh waktu tiga hari saja.

Terlebih, saat ini semua laga sepak bola di dunia sedang mengalami penangguhan termasuk Liga Spanyol maupun Liga Champions. Lalu kebijakan klub Barcelona mewajibkan semua pemainnya berada di rumah saja.

Artinya, Lionel Messi tak perlu keluar keringat untuk menyumbang Rp 17,7 miliar kepada pusat medis di Spanyol dan Argentina itu. Dia hanya perlu "ongkang-ongkang kaki" untuk memberi sumbangan raksasa tersebut.

Artikel ini sudah terbit di Kompas.com