4 Bulan Belum Gajian, Gusnedi Adang Buat PSPS Riau Kalahkan Persibat

PSPS-Riau-vs-Persibat-Batang.jpg
(Azhar Saputra)


RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kemenangan PSPS Riau atas tamunya Persibat dengan skor 3-1 dalam lanjutan Liga 2 pekan ke-17 tak terlepas dari tangan dingin sang asisten pelatih, Gusnedi Adang.

Kendati kucuran keringat selama 4 bulan menukangi PSPS belum dibayarkan secara tuntas, pelatih berdarah Minang ini tetap setia berada di skuad Asykar Bertuah sampai detik ini.

Kepiawaiannya dalam meracik strategi bagi skuad PSPS Riau tak terlepas dari kelincahannya dalam mengolah si kulit bundar semasa remaja.

Cikal bakal pernah merumput bersama Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Primavera dan Baretti selama dua tahun di negeri Pizza saat dirinya menginjak usia antara 15-16 tahun menjadi daya tarik tersendiri.

Baca Juga: PSPS Riau Libas Persibat Batang dengan Skor 3-1

Jebolan program pembinaan usia muda dari PSSI ini melahirkan nama-nama beken seperti Bima Sakti, Kurniawan Dwi Yulianto, Kurnia Sandy, Imran Nuhamury sampai Charis Yulianto.

"Kalau mau diceritakan. Untuk bisa sampai ke Primavera itu awalnya saat saya berada di Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) di Sumatera Barat," kata pria yang kental dengan logat Minangnya itu, Rabu, 18 September 2018.

Sukses berada di PPLP, dirinya mengaku melanjutkan diklat sepak bola sampai mengikuti seleksi pemain di tahun 1993.

"Waduh. Saya lupa tuh. Pokoknya antara tahun 1992-1993," katanya.

Klik Juga: Tak Kunjung Temukan Sponsor, Humas PSPS Riau: Masih Mentok

Kemudian dirinya kembali di seleksi agar dapat bisa merumput di Italia selama dua tahun. Sepulang dari Italia, Gusnedi Adang tidak pernah sekalipun mencicipi nikmatnya bermain bersama klub kebanggaan masyarakat Minang, Semen Padang. Justru ia langsung merumput ke Pelita Jaya FC.

"Di sana saya berada selama 6-7 tahunan. Kemudian pindah ke Perseden Denpasar, Persebaya Surabaya, Mitra Kukar terakhir ke Persiba Bantul," jelasnya.

Kini, selain menukangi PSPS Riau, Gusnedi Adang juga memiliki Sekolah Sepak Bola (SSB) yang dinamainya dengan SSB Primavera Baretti di Bukittinggi.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id