SisBerdaya DANA dan Ant Group Ajak Wirausahawan Perempuan Kembangkan Ekonomi Digital

Pengenalan-ProgramSis.jpg
(Haslinda/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Dalam upaya membantu wirausahawan perempuan dalam mengembangkan pengelolaan bisnis dan keterampilan digital, Dompet digital Dana bersama Ant Group meluncurkan program SisBerdaya. 

SisBerdaya merupakan program mentoring dan kompetisi yang digelar selama 3 bulan dan terbuka bagi wirausahawan perempuan di seluruh Indonesia. Terutama pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) agar bisa berinovasi dalam skala digital.

Communication Lead DANA Indonesia, Teuku Muhammad Farhan Dermawan mengatakan potensi UMKM yang cukup luas di Pekanbaru, menjadikan kota ini sebagai pilihan dalam Program SisBerdaya.

"Saya melihat potensi Pekanbaru sangat besar untuk pengusaha UMKM ini. Maka dari itu Pekanbaru menjadi kota yang menjadi sasaran dari program ini, dan kita membuka peluang sebesar-besarnya, bagi pelaku UMKM untuk ikut serta dari program ini," ujarnya dalam kegiatan Pengenalan ProgramSis Berdaya di Cemara Osteria Jalan Cemara Pekanbaru, Senin 20 Maret 2023. 

Ia menyebut, apalagi UMKM merupakan salah satu tulang punggung ekonomi, sehingga lewat ProgramSis Berdaya diharapkan mampu memajukan bisnis perempuan dalam percepatan ekonomi digital.


"Kami mengedepankan UMKM karena menjadi salah satu tulang punggung perekonomian. Sehingga masyarakat bisa mandiri dan bangkit dengan bantuan teknologi," tuturnya. 

Ia menambahkan, nantinya kegiatan ini berfokus pada pemberdayaan usaha khususnya UMKM dengan dua kategori peserta yaitu–kategori ultra-mikro, yaitu bisnis dengan jumlah karyawan 1-5 orang dan mencatat pendapatan bulanan Rp 1 juta – Rp 10 juta. 

"Sedangkan kategori Mikro, bisnis dengan jumlah karyawan 6-20 orang serta mencatatkan pendapatan bulanan Rp 11 juta – Rp 30 juta," pungkasnya.

Sementara itu, untuk pendaftaran dimulai hari ini hingga 17 April 2023 melalui aplikasi DANA. Setelah proses pendaftaran ditutup dan selama tahap pertama penjurian, 180 pendaftar dari kedua kategori akan dipilih oleh panel juri. Peserta terpilih akan menerima hadiah uang tunai, dan memenuhi syarat untuk memasuki fase berikutnya yakni bimbingan dan pelatihan keterampilan selama 1 bulan oleh para ahli dari DANA, Ant Group, mitra industri hingga perwakilan pemerintah.

Pelatihan keterampilan holistik yang diselenggarakan selama fase bimbingan mencakup topik Manajemen Bisnis, Pembayaran Digital dan Pemasaran, Strategi Penjualan Global, dan lain sebagainya. Sesi-sesi ini akan dilakukan secara hybrid dengan pelatihan tatap muka yang diselenggarakan di wilayah Jabodetabek, Pekanbaru, dan Makassar untuk memudahkan partisipasi.

Di akhir fase, semua peserta harus menyerahkan rencana bisnis mereka untuk penilaian akhir. Kemudian, peserta 5 besar akan berkumpul di Jakarta untuk kompetisi presentasi akhir yang diadakan pada Mei 2023 untuk memperebutkan hadiah akhir hingga Rp 20 juta.