Harga Daging Ayam Naik Saat Ramadan, Rini: Cari Momen

daging-ayam-naik.jpg
(Haslinda/ RIAUONLINE)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Memasuki pekan pertama Ramadan, harga ayam potong di sejumlah pasar tradisional Pekanbaru mengalami kenaikan.

Melalui pantauan RIAUONLINE, CO.ID, harga ayam potong di Pasar Selasa Panam dijual dengan harga Rp32 ribu per kilogram.

Sedangkan harga ayam potong di Pasar Pagi Arengka Rp32-34 ribu per kilogram.

Menanggapi hal ini, seorang Ibu rumah tangga Rini mengaku kesulitan, pasalnya daging ayam merupakan kebutuhan pokoknya selama Ramadan.


"Kalau saya biasanya memang belinya daging ayam dibanding daging sapi karena jauh lebih terjangkau. Apalagi memasuki bulan Ramadan itu jadi kebutuhan pokok lah di keluarga kami. Tapi harganya makin hari makin naik gini. Saya Pusing," ujarnya, Senin 4 April 2022.

Dikatakan Rini ia bahkan mengaku binggung, sebab harga kebutuhan ibu rumah tangga kerap mengalami kenaikan ketika memasuki bulan ramadan dan hari raya.

"Saya tu bingung ya setiap momen Ramadan, lebaran dan hari perayaan umat lainnya pasti bahan pokok pada naik. Jadi kesannya kayak cari moment gitu. Karena kita butuh banget, jadi ya harus tetap belanja," tuturnya.

Kendati demikian, Rini hanya bisa pasrah. Satu-satunya cara yang bisa dilakukannya saat ini adalah berhemat-hemat dan mengurangi porsi belanjaan.

"Ini tu udah semacam tradisi tiap tahun. Pasti begitu polanya. Jadi untuk ibu-ibu lainnya berhemat-hemat ajalah kita," tuturnya.

Sementara itu, Kepala DPP Kota Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut menyebut berdasarkan data Dinas Perdagangan dan Perindustrian (DPP) Kota Pekanbaru, untuk harga ayam ras pada Senin (4/4/2022) di Pekanbaru mencapai Rp32.000 perkilogramnya.

"Untuk harga ayam ras pekan ini mengalami kenaikan signifikan. Meski memang sudah naik pada pekan lalu, harga ayam ras masih di harga Rp30.000 dan pekan ini naik Rp2.000 menjadi Rp32.000 perkilogramnya," pungkasnya.