Majukan Kuliner Pekanbaru, Alfamart Sinergis dengan UMKM

Umkm-alfamartf.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE - Guna menjalin kerja sama dengan pelaku Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM), Alfamart melalui program kemitraan, merangkul para pelaku UMKm khususnya bidang kuliner dalam memanfaatkan lahan berupa tenant/stand yang disiapkan di area luar toko.

Hingga saat ini, sebanyak 123 UMKM bidang kuliner yang telah bermitra menjalin kerjasama, membuka tenant/stand di halaman teras toko Alfamart. Toko modern ini memang membuka kesempatan kemitraan bagi pelaku UMKM khususnya bidang kuliner untuk bekerjasama membuka dan menyewa stand/tenant di depan teras depan toko Alfamart.

“Biasanya ada satu hingga dua stand/tenant UMKM yang berkesempatan bermitra di satu toko Alfamart.” Papar Bambang Eko Budiyanto, Branch Manager Alfamart Pekanbaru, Selasa 23 Juli 2019.

Alfamart memiliki komitmen untuk ikut memajukan pelaku UMKM, khususnya bidang kuliner.

“Kami membuka kesempatan bagi para Usaha kecil bidang kuliner untuk giat mengembangkan usaha kulinernya, dengan menjadi mitra usaha kami," papar Bambang.

Riki, salah satu UMKM mitra Alfamart sudah bersinergi membuka lokasi jongko usaha kuliner berupa kentang goreng dan nugget goreng mengaku bisa membuka peluang usahanya lebih berkembang, mengingat lokasinya strategis dan ramai pengunjung.


Dengan lokasi tenantnya di Alfamart Jalan Bangau Sakti Panam Pekanbaru, mahasiswa salah satu perguruan tinggi di pekanbaru tersebut bisa meraup omzet yang cukup lumayan.

“Untuk setiap hari memang tidak sama, rata-rata terjual 100 cup/bungkus perhari untuk 2 jenis penganan dengan harga mulai Rp. 5 ribu hingga Rp.10 ribu.  Tapi kalau lagi hari-hari tertentu, misalnya akhir pekan atau hari libur, omzetnya bisa naik 50%,” tandas Riki.

Selain Riki, ada juga Amelia pemilik tenant Telur Gelung Nhaomy, mengaku merasa beruntung bisa membuka usaha dengan cara bermitra dengan Alfamart.

“Pelanggan yang membeli produk kulinernya, selalu bertambah dan tak hanya yang berkunjung ke toko Alfamart saja, tapi juga sudah ada pelanggan tetapnya yang sengaja ingin menikmati sajian kami,” papar Amelia yang membuka tenant nya di Alfamar JalanAdisucipto Pekanbaru.

Sementara itu, ada sejumlah produk UMKM asal kota Pekanbaru pun kini sudah dipasarkan melalui jaringan toko modern ini.

“Saat ini kami sudah pajang untuk dijual produk UMKM tersebut di sejumlah toko di wilayah pekanbaru. Para pelaku UMKM tersebut merupakan binaan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pekanbaru,” papar Bambang.

Bambang menambahkan upaya jalin kerjasama ini merupakan bagian upaya sinergis pihaknya dengan pelaku UMKM di kota Pekanbaru untuk membantu promosi dan mengangkat produk lokal.

"Mengingat sudah ada beberapa produk UMKM asal kota Pekanbaru yang sudah terlebih dahulu bermitra dengan Alfamart dan sukses bisa merambah ke seluruh jaringan toko kami di seluruh Provinsi Riau, bahkan ke Sumatera Utara dan Batam,” tandasnya.