Pedagang Keluhkan Atap Pasar Terubuk Bengkalis Bocor, Siapa Tanggung Jawab?

Kondisi-pasar-terubuk-bengkalis.jpg
(ANDRIAS/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, BENGKALIS - Sejumlah pedagang di Pasar Terubuk Bengkalis mengeluhkan kondisi atap bangunan bocor. Kondisi ini membuat pedagang dan pembeli merasa tidak nyaman.

Pantauan RIAU ONLINE, Senin 22 April 2024, lantai pasar menuju pedagang sayur dan rempah-rempah digenangi air.

Pedagang bumbu giling masakan, EM, mengatakan jika musim hujan tiba, bocoran atap mengenai dagangannya sehingga dia berinisiatif membentangkan terpal pengganti atap agar dagangannya tidak basah.

“Kalau hujan, air yang dari bocoran atap mengenai dagangan kami sehingga kami pasang atap dari terpal supaya tidak dikucuri air saat hujan sekarang ini," kata EM sembari membenahi lapak dagangannya.

EM menyebut kondisi ini sudah berlangsung lama, namun belum ada penanganan dari dinas terkait yang bertanggung jawab terhadap pasar ini.


Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kabupaten Bengkalis, Zulfan ST menyebut pihaknya sudah tahu ada kebocoran di pasar tersebut.

"Saya sudah tahu, mudah-mudahan tahun ini dan kalau anggarannya ada akan dilakukan perencanaan rehabilitasi," terang Zulfan dihubungi via WhatsApp.

Zulfan menambahkan, bahwa  rehab Pasar Terubuk juga termasuk merehabilitasi atap yang bocor sudah masuk ke dalam agenda kerjanya dan tahun ini akan diupayakan agar terealisasikan.

Masalah atap bocor di Pasar Terubuk masih belum ada penanganan oleh dinas terkait, bahkan menurut pedagang malah semakin parah karena lama dibiarkan.

"Apalagi di musim penghujan sekarang ini, tak pelak air hujan bocor menggenangi lantai pasar sehingga menjadikan pecah dan kotor," ujar pedagang lainya dengan logat Melayunya.