Pengamat: Calon Wakil Gubri Diputuskan Andi Rachman Sendiri

Plt-Gubernur-Riau-Arsyadjuliandi-Rachman.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/RIZKI KURNIAWAN)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Rencana pelantikan Plt Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman menjadi penjabat gubernur defenitif oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) yang kabarnya tak lama lagi memunculkan pertanyaan siapa wakil yang akan mendampinginya kelak sebagai wakil gubernur Riau.

 

Pengamat Hukum Tata Negara (HTN), Dr Mexsasai Indra mengatakan figur wakil Gubri yang akan mendampingi Andi Rachman adalah figur yang dipilih secara prerogatif oleh partai politik pengusung.

 

"Yang berhak memilihkan siapa pendamping kepala daerah yang akan menggantikan jika pejabat sebelumnya berhalangan tetap adalah tergantung penuh pada putusan partai pemenang Pilkada ketika itu," jelas Mexsasai ketika dihubungi, Selasa (26/4/2016).

 

Pemilihan kata Mexsasai dilakukan lewat mekanisme yang ada pada DPRD Riau. Nantinya pengusung calon adalah fraksi yang memenangkan kepala daerah tersebut ketika itu. Nantinya DPRD Riau lah yang menjadi pemutus pendamping Andi kelak.

 


"Perahu Pak Anas kemarin kan Partai Golkar, jadi nanti yang memilihkan adalah Ketua DPD Golkar Riau yang tak lain adalah Pak Andi sendiri," ujar dosen Fakultas Hukum Universitas Riau, Mexsasa.

 

Penunjukan yang dilakukan Andi, imbuhnya akan mempermudah proses politik yang terjadi. Karena pemilihan yang dilakukan nantinya akan berdasarkan asas kecocokan, bukan hanya asas politik murni.

 

"Nantinya Pak Gubernur akan memilih namun dalam kewenangannya sebagai Ketua DPD Golkar Riau. Namun dalam waktu yang sama dia juga sebagai pejabat pemerintah yang nantinya akan menjalani putusan politik partai," urainya.

 

Setelah dipilihkan oleh DPRD Riau, selanjutnya nama tersebut akan diserahkan kepada Presiden RI, Joko Widodo melalui Mendagri. Nantinya Mendagri yang akan mengeluarkan Surat Keputusan atas nama presiden.

 

"Berarti keputusan siapa yang berhak menjadi wakil gubernur Riau nantinya silahkan ditanya dengan ketua DPD Riau Partai Golkar, yakni Pak Andi sendiri," tandasnya.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline