Harapan Eks Gubernur di HUT ke-66 Riau: Lanjutkan Pembangunan dan Inovasi

Arsyad-Juliandi-Rachman.jpg
(Riau online/Sofiah)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Di hari ulang tahun (HUT) ke-66 Riau, mantan Gubernur Riau Arsyad Juliandi Rachman mengatakan agar pembangunan di Riau tetap dilanjutkan. Menurutnya, dimanapun pembangunannya tetap harus dilanjutkan atau berkelanjutan.

 

"Kita butuh menumbuhkan ekonomi yang tumbuh, penciptaan lapangan kerja yang signifikan serta mengentas kemiskinan," ujarnya kemarin usai mengikuti upacara HUT ke-66 Riau.

 

Andi pun berharap sumber dyaa manusia lebih meningkat. Riau katanya sebagai pusat dari ekonomi, budaya, agama, perlu sumber daya manusia yang lebih baik di depannya.

 

"Riau juga harus membangun sekolah-sekolah sesuai kewenangan kabupaten kota dan provinsi. APBN juga bisa makin banyak untuk menunjang sumber daya manusia ke depan. Karena ga ada kunci lain selain perkembangan manusia," terangnya.


 

Ia pun memandang Riau saat ini semakin berpengalaman membangun daerah dan tentu perlu berpikir agar tidak hanya bergantung pada migas dan kelapa sawit. Jika bergantung pada migas dan sawit tentunya ada batas. 

 

 

"Untuk itu harus bermigrasi dan inovasi ke yang lain. Misalnya pariwisata meski dari sisi alam kalah dengan yang lain. Meski begitu pantun Riau telah diakui UNESCO. Selanjutnya aset Melayu perlu ditunjukkan untuk menunjang pariwisata Riau," katanya.

 

Tak hanya itu, perlunya juga inovasi pada bidang UMKM karena Andi berujar dapat menyelamatkan masa kritis negara. Riau harus mengambil peran dalam hal ini.